A. DESKRIPSI SINGKAT
Mata kuliah ini membahas tentang dinamika pendidikan Islam sebagai bunga rampai untuk melaksanakan pendidikan Islam di Indonesia.
B. KOMPETENSI
Mendeskripsikan problematika dan lembaga pendidikan Islam dan pendidikan Islam dalam sistem pendidikan nasional
C. INDIKATOR
1. Menjelaskan Problematika Pendidikan Islam
2. Menjelaskan Prinsip Pendidikan Islam sebagai Disiplin Ilmu
3. Menjelaskan Model Pendidikan Islam dan Orientasinya
4. Menjelaskan Strategi Pengembangan Pendidikan Islam dalam Upaya Mengantisipasi Perkembangan IPTEK
5. Menjelaskan Pendidik dan Peserta Didik Perspektif Pendidikan Islam
6. Menjelaskan Sarana, Prasarana, Fasilitas dan Lingkungan Pendidikan Islam
7. Menjelaskan Profesionalisme dalam Pengelolaan Madrasah
8. Menjelaskan Sistem dan Metode Pendidikan Islam
9. Menjelaskan Bimbingan dan Konseling dalam Pendidikan Islam
10. Menjelaskan SKB 3 Menteri Tahun 1975
11. Menjelaskan Pendidikan Islam dalam Sistem Pendidikan Nasional
12. Menjelaskan Pondok Pesantren sebagai sebuah Sistem Pendidikan Islam
13. Menjelaskan Penyelenggaraan Pendidikan Agama Islam pada Sekolah
14. Menjelaskan Lembaga-Lembaga Pendidikan Islam
D. MATERI
PERTEMUAN KE- | TOPIK | KETERANGAN |
1 | Pengantar Mata Kuliah | |
2 | Problematika Pendidikan Islam | |
3 | Prinsip Pendidikan Islam sebagai Disiplin Ilmu | |
4 | Model Pendidikan Islam dan Orientasinya | |
5 | Strategi Pengembangan Pendidikan Islam dalam Upaya Mengantisipasi Perkembangan IPTEK | |
6 | Pendidik dan Peserta Didik Perspektif Pendidikan Islam | |
7 | Sarana, Prasarana, Fasilitas dan Lingkungan Pendidikan Islam | |
8 | Profesionalisme dalam Pengelolaan Madrasah | |
9 | Mid Semester | |
10 | Sistem dan Metode Pendidikan Islam | |
11 | Bimbingan dan Konseling dalam Pendidikan Islam | |
12 | SKB 3 Menteri Tahun 1975 | |
13 | Pendidikan Islam dalam Sistem Pendidikan Nasional | |
14 | Pondok Pesantren sebagai sebuah Sistem Pendidikan Islam | |
15 | Penyelenggaraan Pendidikan Agama Islam pada Sekolah | |
16 | Lembaga-Lembaga Pendidikan Islam | |
17 | Dikotomi Ilmu dan Permasalahannya |
E. PENILAIAN
Untuk menentukan kelulusan mahasiswa dalam mengikuti kuliah Kapita Selekta Pendidikan Islam ini, perlu dilakukan evaluasi secara periodik. Evaluasi ini wajib diikuti oleh setiap mahasiswa. Jenis evaluasi dan sebaran persentase untuk setiap jenis evaluasi tersebut adalah sebagai berikut.
1. Nilai Harian (Tugas/Pekerjaan Rumah/Latihan Harian) : 20 %
2. Ujian Tengah Program : 30 %
3. Ujian Akhir Program : 50 %
_________________ +
Jumlah : 100%
Nilai Harian (Tugas di kelas, PR) : Mahasiswa mengerjakan tugas yang dibebankan, dalam bentuk pembuatan makalah secara berkelompok maupun perorangan. Setiap Tugas/PR akan mendapatkan nilai dengan skala 0 – 100.
Tes Tengah Semester
Tes Tengah Semester adalah tes yang dilaksanakan berdasarkan jadwal yang tertera dalam silabi. Materi tes ini terdiri atas pelajaran 1 sampai dengan pelajaran sebelum minggu review pada tengah program. Bentuk soal campuran. Sifat tes tengah program ini ialah buku tertutup.
Ujian Akhir Semester
Ujian Akhir Semester adalah tes yang dilaksanakan berdasarkan jadwal yang tertera dalam silabi. Materi tes ini terdiri atas pelajaran yang diberikan sesudah tes tengah program sampai dengan pelajaran sebelum minggu review pada akhir program. Bentuk soal campuran. Sifat tes akhir program ini ialah buku tertutup/terbuka.
F. MEDIA
1. Laptop
2. LCD
3. Internet
G. REFERENSI
Arifin, Muzayyin. 2003. Kapita selekta pendidikan Islam. Jakarta: Bumi Aksara.
Hasbullan. 1999. Kapita selekta pendidikan Islam. Jakarta: RajaGrafindo Persada.
Arifin, M. 2000. Kapita selekta pendidikan: umum dan Islam. Jakarta: Bumi Aksara.
Nata, Abuddin. Kapita selekta pendidikan Islam. Jakarta: Gramedia Widiasarana.
Dan buku-buku lain yang relevan
Padang, Maret 2008
Tertanda
Aprianto
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
tolong tinggalkan komentar.. okey!!!