DAFTAR ISI
Halaman Judul
Halaman Nota Pembimbing
Halaman Pengesahan
Halaman Motto
Halaman Persembahan
Halaman Kata Pengantar
Halaman Daftar Isi
BAB I : PENDAHULUAN
A.
Latar Belakang Masalah ........................................................... 1
B.
Penegasan Istilah ...................................................................... 3
C.
Rumusan Masalah .................................................................... 4
D.
Tujuan dan Manfaat Penelitian ................................................ 4
E.
Kajian Pustaka .......................................................................... 5
F.
Metode Penelitian .................................................................... 5
G.
Sistematika penulisan ............................................................... 7
H.
Daftar Pustaka
BAB II : KONSEP AL QUR’AN SURAT AN NISA’ AYAT 9 TENTANG TUJUAN
PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SEKOLAH MA
KALIJOGO KARANGAWEN DEMAK
A.
Hakekat Pendidikan Islam ....................................................... 8
1.
Pengertian Pendidikan Islam .............................................. 8
2.
Dasar – Dasar Pendidikan Islam ....................................... 13
3.
Materi atau Kurikulum
Pendidikan Islam ......................... 17
4.
Tujuan Pendidikan Islam ................................................... 21
B.
Konsep Tujuan Pendidikan Dalam
Al Qur’an Surat
An Nisa’ Ayat 9 29
1.
Asbabun Nuzul .................................................................. 29
2.
Pendapat Para Mufassir ..................................................... 34
3.
Konsep Tujuan Pendidikan ............................................... 40
BAB III :
ANALISIS TENTANG KONSEP AL QUR’AN SURAT AN NISA’ AYAT 9
TENTANG TUJUAN PENDIDIKAN ISLAM
A.
Analisis tentang Konsep Al
Qur’an Surat An Nisa’ Ayat 9 ... 44
B.
Analisis tentang Tujuan
Pendidikan Islam .............................. 49
C.
Aplikasi Konsep Al Qur’an Surat
An Nisa’ Ayat 9 tentang Tujuan Pendidikan Islam ............................................................................................... 52
BAB IV : PENUTUP
A.
Kesimpulan ........................................................................... 58
B.
Saran......................................................................................... 60
C.
Kata Penutup ........................................................................... 61
KONSEP AL QUR’AN SURAT AN NISA’ AYAT 9
TENTANG TUJUAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI
SEKOLAH MA SUNAN KALIJOGO KARANGAWEN DEMAK TAHUN PELAJARAN 2010 - 2011
A.
Latar Belakang Masalah
Pendidikan selalu
berhubungan dengan terwujudnya keserasian hubungan manusia dengan Tuhan,
manusia dengan manusia dan manusia dengan alam sekitarnya. Semakin tinggi
keserasian hubungan tersebut, maka semakin dekat pula terwujudnya tujuan
pendidikan nasional yakni : “Berkembangnya potensi peserta didik agar menjadi
manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia,
sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri dan menjadi warga negara yang
demokratis serta bertanggung jawab”.[1]
Untuk mewujudkan
tujuan pendidikan tersebut maka peran pendidikan sangat menentukan, terutama
dalam pembentukan sikap mental yang positif sangat dibutuhkan dalam rangka
proses alih generasi.[2]
Dalam pandangan Ali Ashaf yang menguntip dalam lampiran dari Rekomendasi Umum Konferensi Pendidikan
Muslim Pertama menyatakan bahwa tujuan pendidikan adalah :
Mencapai pertumbuhan kepribadian manusia yang menyeluruh secara
seimbang melalui jiwa, intelek, diri manusia yang rasional, perasaan dan
indera. Karena itu pendidikan harus mencapai pertumbuhan manusia dalam segala
aspeknya : spiritual, intelektual, fisik ilmiah, bahasa baik secara individual
maupun kolektif, dan mendorong semua aspek ini kearah kebaikan dan mencapai
kesempurnaan.[3]
|
Allah SWT berfirman
dalam Al Qur’an Surat An Nisa ‘ ayat 9 :
Artinya
:
Dan
hendaklah takut kepada Allah orang-orang yang seandainya meninggalkan
dibelakang mereka anak-anak yang lemah, yang mereka khawatir terhadap
(kesejahteraan) mereka. oleh sebab itu hendaklah mereka bertakwa kepada Allah
dan hendaklah mereka mengucapkan Perkataan yang benar! (Q.S. An Nisa : 9)[5]
Kandungan Al Qur’an
Surat An Nisa’ Ayat 9 diatas, berpesan agar umat islam menyiapkan generasi penerus
yang berkualitas sehingga anak mampu mengaktualisasikan potensinya sebagai
bekal kehidupan dimasa mendatang.[6]
Dalam konteks
itulah, pada skripsi ini akan berusaha mengungkap salah satu dari bagian
konteks Al Qur’an tentang tujuan pendidikan islam. Tujuan pendidikan islam yang
ada disekolah MA Sunan Kalijogo Karangawen Demak termasuk masalah sentral dalam
pendidikan. Sebab tanpa perumusan pendidikan yang baik maka perbuatan mendidik
tidak jelas, tanpa arah dan bahkan bisa tersesat atau salah langkah. Oleh
karenanya masalah tujuan pendidikan menjadi inti dan sangat penting dalam
menentukan isi dan arah pendidikan yang diberikan.[7]
Dan diakhir
pembahasan skripsi ini, akan menguji coba mengambarkan amplikasi konsep Al
Qur’an tentang tujuan pendidikan islam. Dengan latar belakang demikian, skripsi
ini berjudul “KONSEP AL QUR’AN TENTANG TUJUAN PENDIDIKAN ISLAM DI SEKOLAH MA
SUNAN KALIJOGO KARANGAWEN (Study Analisis Surat An Nisa’ Ayat 9)” Skripsi ini
disusun dengan maksud menghaturkan sumbangan pikiran kepada bangsa Indonesia,
khususnya dalam dunia pendidikan islam.
B.
Rumusan Masalah
Dalam skripsi ini
ada beberapa permasalahan yang terdapat didalamnya yaitu :
1.
Bagaimanakah tujuan Pendidikan
Islam di sekolah MA Sunan Kalijogo Karangawen Demak ?
2.
Bagaimanakah konsep tujuan
Pendidikan Islam dalam Al Qur’an Surat An Nisa’ Ayat 9 yang ada disekolah MA
Sunan Kalijogo Karangawen Demak?
C.
Tujuan dan Manfaat
Penelitian
Sesuai dengan pokok
masalah diatas, tujuan umum penelitian ini adalah untuk mengetahui konsep Al
Qur’an Surat An Nisa’ Ayat 9 mengenai tujuan pendidikan islam disekolah MA
Sunan Kalijogo Karangawen Demak.
Sedangkan tujuan
yang lebih khusus dirumuskan sebagai berikut :
1.
Untuk mengetahui tujuan
pendidikan islam.
2.
Untuk mengetahui konsep tujuan
pendidikan islam dalam Al Qur’an Surat An Nisa’ Ayat 9
Adapun manfaat dari
penelitian ini adalah sebagai berikut :
1.
Secara teoritis, penelitian ini
diharapkan dapat memberikan kontribusi dalam dunia pendidikan islam sebagai
upaya menuju keberhasilan pendidikan bagi seluruh warga negara Indonesia .
2.
Secara praktis, dapat
memberikan input bagi penelitian, pada pembaca umumnya dan kepada seluruh
masyarakat dalam usaha meningkatkan kualitas pendidikan (pengetahuan dasar
keagamaan dan umum) baik dalam lingkup keluarga, sekolah, masyarakat dan
pemerintah.
D.
Kajian Pustaka
Dalam rangka
penelitian dan pengkajian skripsi ini, sejauh peneliti ketahui telah ada
beberapa kajian tentang Tujuan Pendidikan Islam yang bersinggungan dengan topik
yang akan dikaji dalam penelitian ini. Diantara sebagai berikut :
1.
Abudin nata, dalam bukunya yang
berjudul Filsafat Pendidikan Islam (Jakarta : Logos Wacana Ilmu, 1997)
menyatakan bahwa tujuan-tujuan pe islam harus mampu mengakomodasikan tiga
fungsi utama dan agama, yaitu fungsi spiritual yang berkaitan dengan akidah dan
iman.
2.
Zakiah Darajat, dalam bukunya
yang berjudul Ilmu Pendidikan Islam, (Jakarta : Bumi Aksara, 1992)
menyatakan bahwa melalui penerapan pendidikan islam diharapkan terwujud
kepribadian seseorang menjadi insan kamil
3.
Arifin, dalam bukunya yang
berjudul Filsafat Pendidikan Islam (Jakarta : Bumi Aksara, 1993)
menjelaskan bahwa tujuan pendidikan disamping menginternalisasikan (menanamkan
dalam pribadi) nilai-nilai islam, juga mengembangkan anak didik agar mampu
melaksanakan pengalaman nilai-nilai itu secara dinamis dan fleksibel dalam
batas-batas konfigurasi idealitas wahyu Tuhan.
Berbeda dengan
kajian-kajian yang disebutkan diatas, dalam skripsi ini peneliti hanya
menekankan pada konsep tujuan pendidikan islam menurut Al Qur’an Surat An Nisa’
ayat 9.
E.
Metode Penelitian
Dalam metedologi
skripsi ini adalah dengan memakai :
1.
Sumber data
Sumber data terdiri dari dua kajian, yaitu :
a.
Sumber data primer
Sumber data primer adalah merupakan
sumber data pokok[8]
yang diambil dari Tafsir Ibnu Katsir (Syeh Muhammad Ali As –Shabuni)
b.
Sumber data sekunder
Sumber data sekunder adalah sumber data
sebagai pendukung[9]
atau sumber tambahan yang diambil dari Tafsir Al – Maraghi (Musthofa Al –
Maraghi), Tafsir Al – Misbah (M. Quraish Shihab), Al Qur’an dan Tafsir (Drs. H.
A. Hafidz Dasuki, MA) dan berbagai buku lain yang berkaitan dengan permasalahan
dalam skripsi ini.
2.
Metode pengumpulan data
Metode yang digunakan dalam
penelitian skripsi ini adalah library research yaitu mencari data dengan
melakukan penelusuran buku-buku, sejumlah tulisan kajian pustaka dan
menelaahnya.[10]
3.
Metode analisis data
Dalam metode analisis data terdiri dari :
a.
Metode Deduktif, yaitu proses
pendekatan yang berangkat dari kebenaran umum mengenai suatu fenomena (teori)
dan menggeneralisasikan kebenaran tersebut pada suatu peristiwa yang
bersangkutan (prediksi) dengan kata lain deduksi berarti menyimpulkan hubungan
yang tadinya tidak banyak berdasarkan generalisasi yang sudah ada.[11]
b.
Metode induktif, yaitu proses
logika yang berangkat dari data empirik lewat observasi menuju kepada suatu
teori. Dengan kata lain induksi adalah proses mengorganisasikan faktor-faktor
dan hasil-hasil pengamatan yang terpisah-pisah menjadi suatu rangkaian hubungan
atau generalisasi.[12]
c.
Metode Komperatif, yaitu suatu
metode yang ingin membandingkan dua kejadian dengan melihat
penyebab-penyebabnya.[13]
F.
Sistematika Penulisan
Untuk memudahkan
pembahasan dan pemahaman yang jelas dalam membaca skripsi ini, penulisannya
disusun secara sistimatis sebagai berikut :
BAB I : Pendahuluan. Pada bagian ini berisi
tentang : Latar Belakang Masalah, Penegasan Istilah, Rumusan Masalah, Tujuan
dan Manfaat Penelitian, Kajian Pustaka, Metode Penelitian dan Sistematika
penulisan
BAB II : Hakikat Tujuan Pendidikan Islam
Pada bab ini akan diuraikan mengenai : Pertama Hakikat Pendidikan
Islam yang meliputi : 1) Pengertian Pendidikan Islam, 2) Nilai-Nilai Pendidikan
Islam, 3) Aspek-Aspek Pendidikan Islam,
4) Faktor-Faktor Pendidikan Islam, Kedua, Konsep Tujuan Pendidikan Dalam Al
Qur’an yang meliputi : 1) Tujuan Keagamaan (al-Ghardu al-Diny) dan 2)
Tujuan Kedunian (al-Ghardu al-Dunyawi)
BAB III : Analisis Tentang Konsep Al Qur’an Surat An Nisa’ Ayat 9
Tentang Tujuan Pendidikan Islam
Pada bab ini akan disajikan : 1) Tanggung jawab orang tua terhadap
Pendidikan Anak, 2) Tujuan Pendidikan Islam terhadap kualitas anak, dan 3)
Aplikasi Konsep Al Qur’an Surat An Nisa’ Ayat 9 tentang Tujuan Pendidikan Islam
BAB IV : Penutup. Dalam bab ini berisi :
Kesimpulan, Saran dan Kata Penutup
DAFTAR PUSTAKA
Ruswan
Thoyib dan Darmu’in (ed). 1999. Pemikiran Pendidikan Islam Kajian Tokoh
Klasik dan Kontemporer, Yogyakarta : Pustaka Pelajar.
Al Ashraf.
1996. Horison Baru Pendidikan Islam,
Bandung : Pustaka Firdaus.
Ahmadi. 1992.
Islam Sebagai Paradigma Ilmu Pendidikan, Semarang : Aditya Media.
Soenarjo. 2003.
Al Qur’an dan Terjemahnya, Jakarta : Departemen Agama RI.
M. Quraish
Shihab. 2002. Tafsir Al – Misbah Pesan, Kesan dan Keserasian Al – Qur’an,
Jakarta : Lentera Hati.
Kartini
Kartono. 1992. Pengantar Ilmu Mendidik Teoritis Bandung : Mandar Maju,.
Saifudin Azwar. 2003. Metode
Penelitian, Yogyakarta : Pustaka Pelajar,.
Suharsini Arikunto. 2002. Prosedur
Penelitian : Suatu Pendekatan Praktek, Jakarta : PT Rineka Cipta.
[1] Undang-Undang Republik Indonesia
Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional, (Semarang : CV Duta Nasindo, 2003). Hlm. 7.
[2] Ruswan Thoyib dan Darmu’in (ed), Pemikiran Pendidikan Islam
Kajian Tokoh Klasik dan Kontemporer, (Yogyakarta : Pustaka Pelajar, 1999),
hlm 5.
[3] Al Ashraf, Horison Baru Pendidikan Islam, (Bandung : Pustaka
Firdaus, 1996), hlm. 107.
[4] Ahmadi, Islam Sebagai Paradigma Ilmu Pendidikan, (Semarang :
Aditya Media, 1992), hlm, 16.
[5] Soenarjo, Al Qur’an dan Terjemahnya, (Jakarta : Departemen Agama RI, 2003) hlm.
237.
[6] M. Quraish Shihab, Tafsir Al – Misbah Pesan, Kesan dan
Keserasian Al – Qur’an, (Jakarta
: Lentera Hati, 2002) hlm. 355
[7] Kartini Kartono, Pengantar Ilmu Mendidik Teoritis, (Bandung
: Mandar Maju, 1992) hlm. 214.
[8] Sumber data primer adalah hasil-hasil penelitian atau tulisan-tulisan
karya peneliti atau teoritis yang orisinal. Sumber ini merupakan deskripsi
langsung tentang kenyataan yang dibuat oleh peneliti yang melakukan penelitian
atau oleh individual yang mengemukakan teori pertama kali. Lexy J Moleong, Metedologi
Penelitian Kualitatif, (Bandung : PT Remaja Rosdakarya, 1990), hlm 112.
[9] Sumber data sekunder adalah bahan pustaka yang ditulis dan
dipublikasikan oleh penulis yang tidak secara langsung melakukan pengamalan
atau berpartisipasi dalam kenyataan yang ia deskripsikan atau bukan penemu
teori. Sumber ini berisi tentang hasil sentesis bahan-bahan yang berasal dari
sumber utama, baik secara empiris maupun teoritis, Ibid
[10] Ibid, hlm. 113
[11] Saifudin Azwar, Metode Penelitian, (Yogyakarta
: Pustaka Pelajar, 2003) hlm. 40.
[12] Ibid.
[13] Suharsini Arikunto, Prosedur Penelitian : Suatu Pendekatan
Praktek, (Jakarta
: PT Rineka Cipta, 2002) hlm. 236.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
tolong tinggalkan komentar.. okey!!!