Makalah


DAFTAR ISI



Halaman Judul
Halaman Nota Pembimbing
Halaman  Pengesahan
Halaman  Motto
Halaman  Persembahan
Halaman  Kata Pengantar                        
Halaman Daftar Isi
BAB   I     : PENDAHULUAN 
A.    Latar Belakang Masalah ........................................................... 1
B.     Penegasan Istilah ...................................................................... 3
C.     Rumusan Masalah .................................................................... 4
D.    Tujuan dan Manfaat Penelitian ................................................ 4
E.     Kajian Pustaka .......................................................................... 5
F.      Metode Penelitian .................................................................... 5
G.    Sistematika penulisan ............................................................... 7
H.    Daftar Pustaka

BAB  II     : KONSEP AL QUR’AN SURAT AN NISA’ AYAT 9 TENTANG TUJUAN PENDIDIKAN AGAMA  ISLAM DI SEKOLAH MA KALIJOGO KARANGAWEN DEMAK
A.    Hakekat Pendidikan Islam ....................................................... 8
1.      Pengertian Pendidikan Islam .............................................. 8
2.      Dasar – Dasar Pendidikan Islam ....................................... 13
3.      Materi atau Kurikulum Pendidikan Islam ......................... 17
4.      Tujuan Pendidikan Islam ................................................... 21
B.     Konsep Tujuan Pendidikan Dalam Al Qur’an Surat An Nisa’ Ayat 9                    29
1.      Asbabun Nuzul .................................................................. 29
2.      Pendapat Para Mufassir ..................................................... 34
3.      Konsep Tujuan Pendidikan ............................................... 40


BAB III    : ANALISIS TENTANG KONSEP AL QUR’AN SURAT AN NISA’ AYAT 9 TENTANG TUJUAN PENDIDIKAN ISLAM
A.    Analisis tentang Konsep Al Qur’an Surat An Nisa’ Ayat 9 ... 44
B.     Analisis tentang Tujuan Pendidikan Islam .............................. 49
C.     Aplikasi Konsep Al Qur’an Surat An Nisa’ Ayat 9 tentang Tujuan Pendidikan Islam      ............................................................................................... 52

BAB IV    : PENUTUP
A.    Kesimpulan ...........................................................................    58
B.     Saran......................................................................................... 60
C.     Kata Penutup ........................................................................... 61


KONSEP AL QUR’AN SURAT AN NISA’ AYAT 9 TENTANG TUJUAN PENDIDIKAN AGAMA  ISLAM DI SEKOLAH MA SUNAN KALIJOGO KARANGAWEN DEMAK TAHUN PELAJARAN 2010 - 2011

A.    Latar Belakang Masalah
Pendidikan selalu berhubungan dengan terwujudnya keserasian hubungan manusia dengan Tuhan, manusia dengan manusia dan manusia dengan alam sekitarnya. Semakin tinggi keserasian hubungan tersebut, maka semakin dekat pula terwujudnya tujuan pendidikan nasional yakni : “Berkembangnya potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri dan menjadi warga negara yang demokratis serta bertanggung jawab”.[1]
Untuk mewujudkan tujuan pendidikan tersebut maka peran pendidikan sangat menentukan, terutama dalam pembentukan sikap mental yang positif sangat dibutuhkan dalam rangka proses alih generasi.[2] Dalam pandangan Ali Ashaf yang menguntip dalam lampiran  dari Rekomendasi Umum Konferensi Pendidikan Muslim Pertama menyatakan bahwa tujuan pendidikan adalah :
Mencapai pertumbuhan kepribadian manusia yang menyeluruh secara seimbang melalui jiwa, intelek, diri manusia yang rasional, perasaan dan indera. Karena itu pendidikan harus mencapai pertumbuhan manusia dalam segala aspeknya : spiritual, intelektual, fisik ilmiah, bahasa baik secara individual maupun kolektif, dan mendorong semua aspek ini kearah kebaikan dan mencapai kesempurnaan.[3]


1
 
Konsep diatas sejalan dengan pengertian pendidikan itu sendiri. Menurut Ahmadi, dalam bukunya Islam Sebagai Paradigma Ilmu Pendidikan, menyebutkan pengertian pendidikan sebagai usaha sadar untuk menyiapkan peserta didik dengan tujuan memelihara dan mengembangkan potensinya (sumber daya) melalui kegiatan bimbingan, pengajaran atau latihan bagi perannya dimasa yang akan datang.[4]
Allah SWT berfirman dalam Al Qur’an Surat An Nisa ‘ ayat 9 :
   
Artinya :
Dan hendaklah takut kepada Allah orang-orang yang seandainya meninggalkan dibelakang mereka anak-anak yang lemah, yang mereka khawatir terhadap (kesejahteraan) mereka. oleh sebab itu hendaklah mereka bertakwa kepada Allah dan hendaklah mereka mengucapkan Perkataan yang benar! (Q.S. An Nisa : 9)[5]

Kandungan Al Qur’an Surat An Nisa’ Ayat 9 diatas, berpesan agar umat islam menyiapkan generasi penerus yang berkualitas sehingga anak mampu mengaktualisasikan potensinya sebagai bekal kehidupan dimasa mendatang.[6]
Dalam konteks itulah, pada skripsi ini akan berusaha mengungkap salah satu dari bagian konteks Al Qur’an tentang tujuan pendidikan islam. Tujuan pendidikan islam yang ada disekolah MA Sunan Kalijogo Karangawen Demak termasuk masalah sentral dalam pendidikan. Sebab tanpa perumusan pendidikan yang baik maka perbuatan mendidik tidak jelas, tanpa arah dan bahkan bisa tersesat atau salah langkah. Oleh karenanya masalah tujuan pendidikan menjadi inti dan sangat penting dalam menentukan isi dan arah pendidikan yang diberikan.[7]
Dan diakhir pembahasan skripsi ini, akan menguji coba mengambarkan amplikasi konsep Al Qur’an tentang tujuan pendidikan islam. Dengan latar belakang demikian, skripsi ini berjudul “KONSEP AL QUR’AN TENTANG TUJUAN PENDIDIKAN ISLAM DI SEKOLAH MA SUNAN KALIJOGO KARANGAWEN (Study Analisis Surat An Nisa’ Ayat 9)” Skripsi ini disusun dengan maksud menghaturkan sumbangan pikiran kepada bangsa Indonesia, khususnya dalam dunia pendidikan islam.

B.     Rumusan Masalah
Dalam skripsi ini ada beberapa permasalahan yang terdapat didalamnya yaitu :
1.      Bagaimanakah tujuan Pendidikan Islam di sekolah MA Sunan Kalijogo Karangawen Demak ?
2.      Bagaimanakah konsep tujuan Pendidikan Islam dalam Al Qur’an Surat An Nisa’ Ayat 9 yang ada disekolah MA Sunan Kalijogo Karangawen Demak?

C.    Tujuan dan Manfaat Penelitian
Sesuai dengan pokok masalah diatas, tujuan umum penelitian ini adalah untuk mengetahui konsep Al Qur’an Surat An Nisa’ Ayat 9 mengenai tujuan pendidikan islam disekolah MA Sunan Kalijogo Karangawen Demak.
Sedangkan tujuan yang lebih khusus dirumuskan sebagai berikut :
1.      Untuk mengetahui tujuan pendidikan islam.
2.      Untuk mengetahui konsep tujuan pendidikan islam dalam Al Qur’an Surat An Nisa’ Ayat 9
Adapun manfaat dari penelitian ini adalah sebagai berikut :
1.      Secara teoritis, penelitian ini diharapkan dapat memberikan kontribusi dalam dunia pendidikan islam sebagai upaya menuju keberhasilan pendidikan bagi seluruh warga negara Indonesia.
2.      Secara praktis, dapat memberikan input bagi penelitian, pada pembaca umumnya dan kepada seluruh masyarakat dalam usaha meningkatkan kualitas pendidikan (pengetahuan dasar keagamaan dan umum) baik dalam lingkup keluarga, sekolah, masyarakat dan pemerintah.
D.    Kajian Pustaka
Dalam rangka penelitian dan pengkajian skripsi ini, sejauh peneliti ketahui telah ada beberapa kajian tentang Tujuan Pendidikan Islam yang bersinggungan dengan topik yang akan dikaji dalam penelitian ini. Diantara sebagai berikut :
1.      Abudin nata, dalam bukunya yang berjudul Filsafat Pendidikan Islam (Jakarta : Logos Wacana Ilmu, 1997) menyatakan bahwa tujuan-tujuan pe islam harus mampu mengakomodasikan tiga fungsi utama dan agama, yaitu fungsi spiritual yang berkaitan dengan akidah dan iman.
2.      Zakiah Darajat, dalam bukunya yang berjudul Ilmu Pendidikan Islam, (Jakarta : Bumi Aksara, 1992) menyatakan bahwa melalui penerapan pendidikan islam diharapkan terwujud kepribadian seseorang menjadi insan kamil
3.      Arifin, dalam bukunya yang berjudul Filsafat Pendidikan Islam (Jakarta : Bumi Aksara, 1993) menjelaskan bahwa tujuan pendidikan disamping menginternalisasikan (menanamkan dalam pribadi) nilai-nilai islam, juga mengembangkan anak didik agar mampu melaksanakan pengalaman nilai-nilai itu secara dinamis dan fleksibel dalam batas-batas konfigurasi idealitas wahyu Tuhan.
Berbeda dengan kajian-kajian yang disebutkan diatas, dalam skripsi ini peneliti hanya menekankan pada konsep tujuan pendidikan islam menurut Al Qur’an Surat An Nisa’ ayat 9.

E.     Metode Penelitian
Dalam metedologi skripsi ini adalah dengan memakai :
1.      Sumber data
Sumber data terdiri dari dua kajian, yaitu :
a.       Sumber data primer
Sumber data primer adalah merupakan sumber data pokok[8] yang diambil dari Tafsir Ibnu Katsir (Syeh Muhammad Ali As –Shabuni)
b.      Sumber data sekunder
Sumber data sekunder adalah sumber data sebagai pendukung[9] atau sumber tambahan yang diambil dari Tafsir Al – Maraghi (Musthofa Al – Maraghi), Tafsir Al – Misbah (M. Quraish Shihab), Al Qur’an dan Tafsir (Drs. H. A. Hafidz Dasuki, MA) dan berbagai buku lain yang berkaitan dengan permasalahan dalam skripsi ini.
2.      Metode pengumpulan data
Metode yang digunakan dalam penelitian skripsi ini adalah library research yaitu mencari data dengan melakukan penelusuran buku-buku, sejumlah tulisan kajian pustaka dan menelaahnya.[10]
3.      Metode analisis data
Dalam metode analisis data terdiri dari :
a.       Metode Deduktif, yaitu proses pendekatan yang berangkat dari kebenaran umum mengenai suatu fenomena (teori) dan menggeneralisasikan kebenaran tersebut pada suatu peristiwa yang bersangkutan (prediksi) dengan kata lain deduksi berarti menyimpulkan hubungan yang tadinya tidak banyak berdasarkan generalisasi yang sudah ada.[11]
b.      Metode induktif, yaitu proses logika yang berangkat dari data empirik lewat observasi menuju kepada suatu teori. Dengan kata lain induksi adalah proses mengorganisasikan faktor-faktor dan hasil-hasil pengamatan yang terpisah-pisah menjadi suatu rangkaian hubungan atau generalisasi.[12]
c.       Metode Komperatif, yaitu suatu metode yang ingin membandingkan dua kejadian dengan melihat penyebab-penyebabnya.[13]

F.     Sistematika Penulisan
Untuk memudahkan pembahasan dan pemahaman yang jelas dalam membaca skripsi ini, penulisannya disusun secara sistimatis sebagai berikut :
BAB      I     : Pendahuluan. Pada bagian ini berisi tentang : Latar Belakang Masalah, Penegasan Istilah, Rumusan Masalah, Tujuan dan Manfaat Penelitian, Kajian Pustaka, Metode Penelitian dan Sistematika penulisan
BAB     II     : Hakikat Tujuan Pendidikan Islam
Pada bab ini akan diuraikan mengenai : Pertama Hakikat Pendidikan Islam yang meliputi : 1) Pengertian Pendidikan Islam, 2) Nilai-Nilai Pendidikan Islam, 3) Aspek-Aspek  Pendidikan Islam, 4) Faktor-Faktor Pendidikan Islam, Kedua, Konsep Tujuan Pendidikan Dalam Al Qur’an yang meliputi : 1) Tujuan Keagamaan (al-Ghardu al-Diny) dan 2) Tujuan Kedunian (al-Ghardu al-Dunyawi)
BAB    III    : Analisis Tentang Konsep Al Qur’an Surat An Nisa’ Ayat 9 Tentang Tujuan Pendidikan Islam
Pada bab ini akan disajikan : 1) Tanggung jawab orang tua terhadap Pendidikan Anak, 2) Tujuan Pendidikan Islam terhadap kualitas anak, dan 3) Aplikasi Konsep Al Qur’an Surat An Nisa’ Ayat 9 tentang Tujuan Pendidikan Islam
BAB    IV    : Penutup. Dalam bab ini berisi : Kesimpulan, Saran dan Kata Penutup


DAFTAR PUSTAKA

Ruswan Thoyib dan Darmu’in (ed). 1999. Pemikiran Pendidikan Islam Kajian Tokoh Klasik dan Kontemporer, Yogyakarta : Pustaka Pelajar.

Al Ashraf. 1996.  Horison Baru Pendidikan Islam, Bandung : Pustaka Firdaus.

Ahmadi. 1992. Islam Sebagai Paradigma Ilmu Pendidikan, Semarang : Aditya Media.

Soenarjo. 2003. Al Qur’an dan Terjemahnya, Jakarta : Departemen Agama RI.

M. Quraish Shihab. 2002. Tafsir Al – Misbah Pesan, Kesan dan Keserasian Al – Qur’an, Jakarta : Lentera Hati.

Kartini Kartono. 1992. Pengantar Ilmu Mendidik Teoritis Bandung : Mandar Maju,.

Saifudin Azwar. 2003. Metode Penelitian, Yogyakarta : Pustaka Pelajar,.

Suharsini Arikunto. 2002. Prosedur Penelitian : Suatu Pendekatan Praktek, Jakarta : PT Rineka Cipta.



[1] Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional, (Semarang : CV Duta Nasindo, 2003). Hlm. 7.
[2] Ruswan Thoyib dan Darmu’in (ed), Pemikiran Pendidikan Islam Kajian Tokoh Klasik dan Kontemporer, (Yogyakarta : Pustaka Pelajar, 1999), hlm 5.
[3] Al Ashraf, Horison Baru Pendidikan Islam, (Bandung : Pustaka Firdaus, 1996), hlm. 107.
[4] Ahmadi, Islam Sebagai Paradigma Ilmu Pendidikan, (Semarang : Aditya Media, 1992), hlm, 16.
[5] Soenarjo, Al Qur’an dan Terjemahnya, (Jakarta : Departemen Agama RI, 2003) hlm. 237.
[6] M. Quraish Shihab, Tafsir Al – Misbah Pesan, Kesan dan Keserasian Al – Qur’an, (Jakarta : Lentera Hati, 2002) hlm. 355
[7] Kartini Kartono, Pengantar Ilmu Mendidik Teoritis, (Bandung : Mandar Maju, 1992) hlm. 214.
[8] Sumber data primer adalah hasil-hasil penelitian atau tulisan-tulisan karya peneliti atau teoritis yang orisinal. Sumber ini merupakan deskripsi langsung tentang kenyataan yang dibuat oleh peneliti yang melakukan penelitian atau oleh individual yang mengemukakan teori pertama kali. Lexy J Moleong, Metedologi Penelitian Kualitatif, (Bandung : PT Remaja Rosdakarya, 1990), hlm 112.
[9] Sumber data sekunder adalah bahan pustaka yang ditulis dan dipublikasikan oleh penulis yang tidak secara langsung melakukan pengamalan atau berpartisipasi dalam kenyataan yang ia deskripsikan atau bukan penemu teori. Sumber ini berisi tentang hasil sentesis bahan-bahan yang berasal dari sumber utama, baik secara empiris maupun teoritis, Ibid
[10] Ibid, hlm. 113
[11] Saifudin Azwar, Metode Penelitian, (Yogyakarta : Pustaka Pelajar, 2003) hlm. 40.
[12] Ibid.
[13] Suharsini Arikunto, Prosedur Penelitian : Suatu Pendekatan Praktek, (Jakarta : PT Rineka Cipta, 2002) hlm. 236.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

tolong tinggalkan komentar.. okey!!!