06 Januari 2013

ILMU PENGETAHUAN DAN TEKNOLOGI ( AL-QUR'AN HADITS )


       Allah telah memberi petunjuk kepada manusia untuk senantiasa belajar dan menggali ilmu pengetahuan melalui ciptaan-Nya. Allah mengisyaratkan hal tersebut di dalam Al-Qur'an. Sebagai contoh adalah adanya hujan yang turun dari langit. 







Apabila diteliti, maka hujan tersebut berasal dari awan, sedangkan awan berasal dari air yang menguap karena panas matahari. Selain itu, masih banyak lagi fenomena-fenomena yang Allah ciptakan agar manusia mau belajar. Fenomena apa saja yang telah Anda pelajari? Pelajaran apa yang Anda dapatkan dari fenomena tersebut?




Al-Qur’an merupakan firman Allah yang mengandung berbagai aspek kehidupan, baik aspek hukum, sejarah, aqidah( keimanan), eskatologi,maupun isyarat tentang pengetahuan. Semua itu diperuntukan bagi manusia agar dijadikan pedoman hidup sehingga kehidupannya lebih baik dan mendapat rahmat dari Allah SWT.
Di dalam Al Qr’an ada isyarat ilmu pengetahuan yang perlu digali oleh manusia. Isyarat ilmu pengetahuan itu masih bersifat global sehingga memerlukan kesungguhan manusia untuk meneliti atau melakukan eksperimen untuk dapat menyingkap isi kandungannya. Sebagai contoh ayat Al Qur’an yang berisi isyarat ilmu pengetahuan adalah ayat-ayat berikut:
A. Surat Al-'Alaq Ayat 1 - 5
     1. Baaan Surat Al-Alaq ayat 1-5




        Terjemahanya dan tafsiranya :
“Bacalah dengan (menyebut) nama Tuhanmu Yang menciptakan” (ayat 1). Dari suku kata pertama saja yaitu “bacalah”, telah terbuka kepentingan pertama dalam perkembangan agama ini selanjutnya. Nabi Muhammad disuruh untuk membaca wahyu yang akan diturunkan kepada beliau atas nama allah, tuhan yang telah menciptakan. Yaitu “Menciptakan manusia dari segumpal darah” (ayat 2). Yaitu peringkat yang kedua sesudah nuthfah. Yaitu segumpal air yang telah berpadu dari mani si laki-laki dengan mani si perempuan yang setelah 40 hari lamanya, air itu akan menjelma menjadi segumpal darah dan dari segumpal darah itu kelak setelah 40 hari akan menjadi segumpal daging. “Bacalah, dan tuhanmu itu adalah maha mulia” (ayat 3). Setelah pada ayat pertama beliau menyuruh membaca dengan nama allah yang menciptakan manusia dari segumpal darah, diteruskan lagi menyuruh membaca diatas nama tuhan. Sedang nama tuhan yang selalu akan diambil jadi sandaran hidup itu ialah allah yang maha mulia, maha dermawan, maha kasih dan saying kepada mahluknya. “Dia yang mengajarkan dengan kalam” (ayat 4). Itulah istimewanya tuhan itu lagi. Itulah kemulianya yang tertinggi.Yaitu diajarkanya kepada manusia berbagai ilmu, dibukanya berbagai rahasia, diserahkanya berbagai kunci untuk pembuka perbendaharaan allah yaitu dengan qalam. Dengan pena disamping lidah untuk membaca, tuhanpun mentaksirkan pula bahwa dengan pena ilmu dapat dicatat. Pena itu kaku dan beku serta tidak hidup namun yang dituliskan oleh pena itu adalah berbagai hal yang dapat difahami oleh manusia “Mengajari manusia apa-apa yang dia tidak tahu” (Ayat 5). Terlebih dahulu allah ta’ala mengajar manusia mempergunakan qalam. Sesudah dia pandai mempergunakan qalam itu banyaklah ilmu pengetahuan diberikan oleh allah kepadanya, sehingga dapat pula dicatat ilmu yang baru didapatnya itu dengan qalam yang sudah ada dalam tanganya.
                      Surah Al-'Alaq ayat 1-5 merupakan wahyu yang pertama kali diterima oleh Nabi Muhammad dari Allah melalui perantara Malaikat Jibril ketika sedang berkhalwat di Gua Hira. dalam belajar kita harus senantiasa memohon petunjuk kepada Allah, karena pada dasarnya segala ilmu pengetahuan berasal dari Allah semata. tanpa karunia Nya mustahil manusia dapat memperoleh ilmu pengetahuan yang dikehendaki. Oleh karena itu, selain berusaha dengan belajar yang sungguh-sungguh dan tidak mudah menyerah, hendaknya manusia senantiasa berdo'a kepada Allah agar ilmu yang dipelajari mudah diserap dan diamalkan dalam kehidupan sehari-hari.
         Dari ayat - ayat tersebut dapat ditarik kesimpulan bahwa Ilmu Pengetahuan dapat diperoleh dengan dua cara, yaitu dengan belajar sungguh menggunakan potensi-potensi yang diberikan oleh Allah. kepada kita dan ilmu yang diperoleh tanpa usaha manusia, seperti yang diperoleh melalui ilham, intuisi, dan wahyu Ilahi. Ilmu yang diperoleh dengan cara kedua ini hanya diberikan kepada hamba Allah yang benar-benar dekat dengan-Nya serta kepada siapa yang dikehendaki-Nya.
      1. Bacaan surat Yunus ayat 101
 



Artinya : “Katakanlah: “Perhatikanlah apa yang ada di langit dan di bumi. Tidaklah bermanfaat tanda (kekuasaan Allah) dan rasul-rasul yang memberi peringatan bagi orang-orang yang tidak beriman. ” (QS Yunus : 101)






2. Isi kandungan
Dalam ayat ini Allah menjelaskan perintah-Nya kepada rasul Nya agar dia menyuruh kaumnya untuk memperhatikan dengan mata kepala mereka dan dengan akal budi mereka segala yang ada di langit dan di bumi. Mereka diperintahkan agar merenungkan keajaiban langit yang penuh dengan bintang-bintang, matahari dan bulan yang menyinari bumi, keindahan pergantian malam dan siang, air hujan yang turun ke bumi, menghidupkan bumi yang mati, menumbuhkan tanam-tanaman, dan pohon-pohonan dengan buah-buahan yang beraneka warna dan rasa. Hewan-hewan dengan bentuk dan warna yang bermacam-macam hidup diatas bumi, memberi manfaat yang tidak sedikit kepada manusia. Demikian pula keadaan bumi itu sendiri yang terdiri dari gurun pasir, lembah yang terjal, dataran yang luas, samudera yang penuh dengan berbagai ikan yang semuanya itu terdapat tanda-tanda keesaan dan kekuasaan Allah SWT bagi orang-orang yang berfikir dan yakin kepada penciptanya. Semua ciptaan Allah tersebut, apabila dipelajari dan diteliti akan melahirkan pengetahuan bagi manusia.

Akan tetapi mereka yang tidak percaya adanya pencipta alam ini, membuat semua tanda-tanda keesaan dan kekuasaan Allah di alam ini tidak akan bermanfaat baginya meskipun telah diperingatkan oleh para nabi dan para rasul. Hal ini sebagaimana yang terjadi pada umat-umat terdahulu, yang tidak percaya akan adanya Allah. Bahkan, mereka menyembah ciptaan-ciptaan Allah, seperti bulan dan bintang.
Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa syarat utama untuk memperoleh ilmu pengetahuan tentang ciptaan - ciptaan Allah yang berada di seluruh alam semesta ini adalah beriman kepada Allah swt.



 
     1. Bacaan Surat Al Baqarah ayat 164

   Artinya : “Sesungguhnya dalam penciptaan langit dan bumi, silih bergantinya malam dan siang, bahtera yang berlayar di laut membawa apa yang berguna bagi manusia, dan apa yang Allah turunkan dari langit berupa air, lalu dengan air itu Dia hidupkan bumi sesudah mati (kering)-nya dan Dia sebarkan di bumi itu segala jenis hewan, dan pengisaran angin dan awan yang dikendalikan antara langit dan bumi; sungguh (terdapat) tanda-tanda (keesaan dan kebesaran Allah) bagi kaum yang memikirkan.” (QS Al Baqarah : 164)
       2. Kandungan
Tafsir / Indonesia / DEPAG / Surah Yunus 101 
Dalam ayat ini, Allah menjelaskan perintah-Nya kepada Rasul-Nya agar dia menyeru kaumnya untuk memperhatikan dengan mata kepala mereka dan dengan akal budi mereka segala kejadian di langit dan di bumi. Mereka diperintahkan agar merenungkan keajaiban langit yang penuh dengan bintang-bintang, matahari dan bulan, keindahan pergantian malam dan siang, air hujan yang turun ke bumi, menghidupkan bumi yang mati, menumbuhkan tanam-tanaman, dan pohon-pohonan dengan buah-buahan yang beraneka warna rasanya. Hewan-hewan dengan bentuk dan warna yang bermacam-macam hidup di atas bumi, memberi manfaat yang tidak sedikit kepada manusia. Demikian pula keadaan bumi itu sendiri yang terdiri dari gurun pasir, lembah yang luas, dataran yang subur, samudra yang penuh dengan ikan berbagai jenis, pada kesemuanya itu terdapat tanda-tanda keesaan dan kekuasaan Allah swt. bagi orang-orang yang berpikir dan yang yakin kepada Penciptanya.
Akan tetapi bagi mereka yang tidak percaya akan adanya Pencipta alam ini karena jiwa insaniahnya tidak berfungsi sebagaimana mestinya, maka kesemua tanda-tanda keesaan dan kekuasaan Allah dalam alam ini tidak bermanfaat baginya.



Demikian pula peringatan Nabi-nabi kepada mereka tidak memberi bekas ke dalam jiwa mereka. Pandangan mereka tidak sampai kepada pengambilan pelajaran dari ayat Allah itu dan tidak sampai kepada kesimpulan-kesimpulan adanya Allah Yang Maha Esa. Mereka tidak memperoleh pelajaran dari sunah Allah pada umat manusia di masa lampau. Sekiranya mereka memperoleh pelajaran daripada ayat-ayat Allah itu dan dari sunah Allah pada umat manusia, tentulah jiwa mereka bersih dan terpelihara dari kotoran dan najis yang mendorong mereka kepada kekafiran dan kesesatan.



Dialah yang menciptakan langit dan bumi beserta isinya untuk keperluan manusia. Sudah seharusnyalah manusia memperhatikan dan merenungkan rahmat Allah yang maha suci itu. Karena dengan begitu, akan bertambah yakinlah ia pada kekuasaan dan keesaan Nya, akan bertmabha luas pulalah ilmu pengetahuannya mengenai alam ciptaan Nya dan dapat pula dimanfaatkannya ilmu pengetahuan itu sebagaimana yang dikehendaki oleh Allah yang maha mengetahui. Hendaklah selalu diperhatikan dan diselidiki apa yang tersebut dalam ayat ini, yaitu :
  1. Bumi yang dihuni manusia dan apa yang tersimpan didalamnya tidak akan pernah habis baik didarat maupun dilaut
  2. Langit dengan planet dan bintang-bintangnya semua berjalan dan bergerak menurut tata tertib dan aturan Ilahi. Tidak ada yang menyimpang dari aturan-aturan itu
  3. Pertukaran malam dan siang dan perbedaan panjanng dan pendeknya pada beberapa negeri karena perbedaan letaknya, kesemuanya itu membawa faedah dan manfaat yang amat besar bagi manusia
  4. Bahtera berlayar dilautan untuk membawa manusia dari satu negeri ke negeri yang lain dan untuk membawa barang-barang perniagaan untuk memajukan perekonomian
  5. Allah SWT menurunkan hujan dari langit sehingga dengan air hujan itu bumi yang telah mati atau lekang dapat menjadi hidup dan subur, dan segala macam hewan dapat pula melangsungkan hidupnya
  6. Pengendalian dan pengisaran angin dari suatu tempat ke tempat yang lain adalah tanda dan bukti bagi kekuasaan Allah dan kebesaran rahmatnya bagi manusia
  7. Demikian pula, harus dipikirkan dan diperhatikan kebesaran nikmat Allah kepada manusia dengan bertumpuk-tumpuknya awan antara langit dan bumi. Ringkasnya, semua rahmat yang diciptakan Allah termasuk apa yang tersebut dalam ayat 164 ini patut dipikirkan dan direnungkan bahkan dibahas dan diteliti untuk meresapkan keimanan yang mendalam dalam kalbu, dan untuk memajukan ilmu pengetahuan yang juga membawa kepada pengakuan akan keesaan dan kebesaran Allah.
Berilah tanda silang(X) pada huruf a,b,c,d atau e sesuai dengan jawaban yang paling tepat!
  1.     Hukum menuntut ilmu bagi laki-laki dan perempuan adalah…

a.    sunah

b.    makruh

c.    haram

d.    wajib

e.    mubah

  2.    Di antara kandungan surat yunus ayat 101 adalah …

a.    Allah swt meninggikan derajat orang yang berilmu

b.    Allah membalas setiap amal kebaikan

c.    Perintah mendirikan sholat

d.    Berlomba-lomba dalam kebaikan

e.    Menyuruh memperhatikan dan menyelidiki langit dan bumi

  3.    Rasulullah bersabda bahwa menuntut  itu dari ayunan ……..

a.    sampai dengan dewasa

b.    sampai dengan tua

c.    selagi masih hidup

d.    sampai lahat

e.    sampai menjelang ajal

  4.    Allah menyukai orang-orang yang mempunyai sifat seperti berikut, kecuali …

a.    rendah hati

b.    sederhana

c.    rendah diri

d.    tawaduk

e.    sabar

  5.   Ilmu yang mempelajari cara membaca Al Qur’an…

a.    ilmu fikih

b.    ilmu tauhid

c.    ilmu  adab

d.    ilmu tasauf

e.    ilmu  tajwid

  6.    Nun mati bertemu dengan huruf ba hukumnya….

a.    iqlab

b.    ikhfa

c.    izhar

d.    gunnah

e.    idgam bi gunnah

  7.   Menurut hadits Rasulullah saw. Bayi yang dalam kandungan ibunya diberi ruh ( nyawa) setelah umur…..

a.    120 hari

b.    40   hari

c.    150 hari

d.    35   hari

e.    360 hari

  8.    Proses manusia dari alaqah akan menjadi…..

a.    nutfah

b.    izamah

c.    mudgah

d.    lahman

e.    tulang-tulang

 9. Bertambah besarnya gumpalan air dalam 40 hari secara berangsur-angsur, kemudian berubah menjadi segumpal darah disebut…

a.    Alaqah

b.    Sulalah

c.    Nutfah

d.    Mudgah

e.    izamah

10.    Setelah 40 hari segumpal daging dilengkapi dengan ……

a.    daging encer

b.    tulang-belulang

c.    daging empuk

d.    daging utuh

e.    bentuk sempurna


B.   Jawablah pertanyaan dibawah ini dengan jelas dan benar!

11.   Tuliskanlah surat yunus ayat 101!

12.   Terjemahkan ayat dalam soal no 1!.

13.  Bagaimanakah sikapmu bila temanmu bertanya tentang jawaban soal pada saat ujian berlangsung?.

14.    Jelaskanlah kelebihan orang yang berilmu disisi Allah!

15.   Sebutkan hukum nun mati atau tanwin bila bertemu huruf hijaiyah dan jelaskan!

16.    Jelaskan kandungan surat yunus ayat 101!.

17.    Apakh hukum menuntut ilmu bagi laki-laki dan perempuan?

18.  Bagaimanakah hukum mempelajari ilmu tajwid bagi orang yang belum benar bacaannya?.

 19.   Tuliskan surat Al Baqarah ayat 164!
20.   Jelaskan kandung surat Al Baqarah ayat 164!


atau silahkan lihat referensi lain di : http://www.scribd.com/doc/91499223/1/AYAT-AYAT-AL-QURAN-TENTANG-PENGEMBANGAN-IPTEK

4 komentar:

  1. kurang isi kandungan surat Al-Baqarah ayat 164 gan -_- tapi artikelnya udah bagus ko (y) ditingkatkan lagi ya konsentrasinya

    BalasHapus
    Balasan
    1. siap mas, terimakasih ya saran dan masukannya :) semoga bisa semakin rapi lagi nantinya...

      Hapus
  2. oke, sami-sami... semoga saja bermanfaat ya...

    BalasHapus

tolong tinggalkan komentar.. okey!!!