16 April 2012

Makalah Pengembangan Teknologi Pengajaran


KATA PENGANTAR

Puji dan syukur penulis panjatkan kehadirat Allah yang telah memberikan hidayah dan inayah-Nya sehingga dapat menyelesaikan makalah Pengembangan Teknologi Pengajaran Dalam Rangka Menuju “ Innovative School” yang digunakan sebagai salah satu tugas mata kuliah Teknologi Pendidikan yang disampaikan oleh dosen pengampu Ibu Drs.Hj. Sukarti, M.Pd. Penulis ucapkan banyak terima kasih kepada segala pihak yang telah membantu dalam penulisan makalah ini. Semoga makalah ini bisa membantu bagi siapa saja yang membutuhkan sedikit pengetahuan tentang Pengembangan Teknologi Pengajaran Dalam Rangka Menuju “ Innovative School”. Namun demikian makalah ini masih jauh dari kesempurnaan, segala kritik dan saran yang bersifat membangun sangat kami harapkan untuk dimasa yang akan datang. 


Demak,   April 2012
Penulis
KELOMPOK 1



BAB I
PENGEMBANGAN TEKNOLOGI PENDIDIKAN & PENGAJARAN DALAM RANGKA MENUJU “ INNOVATIVE SCHOOL

A.      Pendahuluan
Seiring dengan kemajuan teknologi yang mengglobal telah terpengaruh dalam segala aspek kehidupan baik dibidang ekonomi, politik, kebudayaan seni dan bahkan di dunia pendidikan. Dunia pendidikan harus mau mengadakan inovasi yang positif untuk kemajuan pendidikan dan sekolah. Tidak hanya inovasi dibidang kurikulum, sarana – prasarana, namum inovasi yang menyeluruh dengan menggunakan teknologi informasi dalam kegiatan pendidikan.
Teknologi pendidikan dapat mengubah cara pembelajaran yang konvensional menjadi non konvensional. Dalam rangka Innovative School, sekolah harus merespon perkembangan dunia teknologi yang semakin canggih yang menyediakan segudang ilmu pengetahuan yang baru dan lama. Pembelajaran di sekolah perlu menggunakan serangkaian peralatan elektronik yang mampu bekerja lebih efektif dan efisien.
Walaupun demikian, peran guru tetap dibutuhkan dikelas, ia sebagai desainer, motivator, pembimbing, dan sebagainya dan tentunya sebagai sosok individu harus tetap dihormati. Teknologi Informasi dan Komunikasi (ICT) merupakan suatu kebutuhan menuju “Innovative School” karena dengan penggunaan ICT diharapkan adanya peningkatan mutu belajar/ mengajar, peningkatan produktivitas/efisiensi dan akses, peningkatan sikap belajar yang positif, pengembangan professional/ staff dan adanya peningkatan profil/ pengenalan.
Kelima hal tersebut merupakan harapan sekaligus kebutuhan yang menjadi dasar perlunya penerapan ICT di sekolah. Dengan demikian diharapkan sekolah mengalami perubahan-perubahan yang sesuai dengan tuntutan global tetapi tetap searah dengan visi dan misinya yang dikorelasikan dengan kebutuhan sekolah dan daerah.  Teknologi pendidikan seringkali diasumsikan dalam persepsi yang mengarah pada masalah elektronika padahal konsep teknologi mengandung pengertian yang luas untuk itu dalam tulisan ini akan dibahas lebih lanjut.


B.       Rumusan Masalah
a.    Apa Pengertian Teknologi Pendidikan?
b.    Apa macam-macam Teknologi Pendidikan?
c.    Apa manfaat dan kekurangan Teknologi Pendidikan?
d.   Bagaimana Pengembangan Teknologi pengajaran menuju “Innovative School”?


BAB II
PEMBAHASAN

A.      Pengertian Teknologi Pendidikan
Sebelum membahas teknologi pendidikan terlebih dahulu perlu diketahui pengertian teknologi. Kata Teknologi seringkali oleh masyarakat diartikan sebagai alat elektronik. Tapi oleh ilmuwan dan ahli filsafat ilmu pengetahuan diartikan sebagai pekerjaan ilmu pengetahuan untuk memecahkan masalah praktis. 
Jadi teknologi lebih mengacu pada usaha untuk memecahkan masalah manusia. Menurut Yp Simon (1983), teknologi adalah “suatu displin rasional yang dirancang untuk meyakinkan penguasaan dan aplikasi ilmiah”.
Menurut (An) : “Teknologi tidak perlu menyiratkan penggunaan mesin,akan tetapi lebih banyak penggunaan unsur berpikir dan menggunakan pengetahuan ilmiah”.
Menurut Paul Saetiles (1968). :“Teknologi selain mengarah pada permesinan, teknologi meliputi proses, sistem, manajemen dan mekanisme kendali manusia dan bukan manusia”.  
Pengertian Teknologi Pendidikan diabad ke dua puluh meliputi lentera pertama proyektor slide, kemudian radio dan kemudian gambar hidup. Sedangkan abad 19 ke bawah sampai lima belas teknologi lebih diartikan papan tulis dan buku.
Menurut Prof. Sutomo dan Drs.Sugito,M.Pd:“Teknologi Pendidikan adalah proses yang kompleks yang terpadu untuk menganalisis dan memecahkan masalah belajar manusia/ pendidikan”.
Menurut ”Mackenzie, dkk” (1976) :“Teknologi Pendidikan yaitu suatu usaha untuk mengembangkan alat untuk mencapai atau menemukan solusi permasalahan”.
 Jadi Teknologi Pendidikan adalah segala usaha untuk memecahkan masalah pendidikan.
Lebih detail dapat diuraikan bahwa: Teknologi Pendidikan lebih dari perangkat keras. Ia terdiri dari desain dan lingkungan yang melibatkan pelajar. Teknologi dapat juga terdiri segala teknik atau metode yang dapat dipercaya untuk melibatkan pelajaran; strategi belajar kognitif dan keterampilan berfikir kritis. Belajar teknologi dapat dilingkungan manapun yang melibatkan siswa belajar secara aktif, konstruktif, autentik dan kooperatif seta bertujuan.

B.       Macam-macam Teknologi Pendidikan
Dalam inovasi pendidikan tidak bisa lepas dengan masalah revolusi metode, kurikulum yang inovatif, teknologi serta SDM yang kritis untuk bisa menghasilkan daya cipta dan hasil sekolah sebagai bentuk perubahanpendidikan. Sekolah harus mempunyai orientasi bisnis pelanggan yang memiliki daya saing global. Untuk itu ada lima teknologi baru yang dapat menciptakan sistem pendidikan yang lebih baik.
1.    Lima macam Teknologi.
a.    Teknologi yang pertama : Sistem berpikir
Sistem berpikir menjadikan kita untuk lebih hati – hati dengan munculnya tiap mode di dunia pendidikan. Hal ini untuk mengantisipasi terjadinya perubahan yang tidak kita inginkan. 
Tanpa sistem berpikir kita akan sulit untuk mengadakanpeningkatan riil di bidang pendidikan. Jadi sistem berpikir menghadirkan konsep sistem yang umum, dimana berbagai hal saling terkait.
    b.     Teknologi yang kedua : Desain sistem
Desain sistem adalah teknologi merancang dan membangun sistem yang baru. Perubahan yang dimaksud adalah perubahan yang cepat yang meningkatkan harapan. Desain sistem memberi kita peralatan untuk menciptakan suatu sistem yang baru dan suatu strategi untuk perubahan.
    c.    Teknologi yang ketiga : Kualitas pengetahuan
Mutu atau kualitas pengetahuan merupakan teknologi yang memproduksi suatu produk atau jasa/ layanan yang sesuai harapan dan pelanggan. Ilmu pengetahuan yang berkualitas telah menjadi alat yang sangat berharga dalam inovasi pendidikan/ sekolah.
   d.   Teknologi yang keempat : Manajemen Perubahan
Manajemen perubahan adalah suatu cara untuk memandu energi kreatif ke arah perubahan positif. Dapat juga diartikan sistem pemikiran yang berlaku untuk aspek manajemen inovasi tentunya dengan berorientasi pada POAC (Perencanaan, Organisasi, Aktualisasi dan Kontrol).
   e.    Teknologi yang kelima :Teknologi pembelajaran
Disini ada dua bagian yaitu peralatan Pelajar elektronik(Komputer, multimedia, Internet, telekomunikasi),dan pembelajaran yang didesain, metode dan strateginya diperlukan untuk membuat peralatan elektronik yang efektif.  Pelajaran elektronik ini mengubah cara mengkomunikasikan belajar. Jadi teknologi pembelajaran adalah sistem pemikiran yang berlaku untuk instruksi dan belajar. Kelima teknologi tersebut merupakan suatu keterpaduan untuk menujuinovasi pendidikan sehingga dalam memecahkan masalah pendidikan perlu kombinasi peralatan / alat elektronik, orang-orang,  proses, manajemen, intelektual, untuk perubahan yang efektif.
2.    Tiga macam teknologi pendidikan
Macam-macam teknologi pendidikan menurut Davies (1972) ada tiga yaitu:
·      Teknologi Pendidikan satu
 Teknologi pendidikan satu yaitu mengarah pada perangkat keras seperti proyektor, laboratorium, komputer (CD ROM, LCD, TV, Video dan alat elektronik lainnya). Teknologi mekanik ini dapat mengotomatiskan proses belajar mengajar dengan alat yang memancarkan , memperkuat suara, mendistribusikan, merekam dan mereproduksi stimuli material yang menjangkau pendengar/ siswa dalam jumlah yang besar. Jadi teknologi satu ini efektif dan efisien.
·      Teknologi pendidikan dua
Teknologi pendidikan dua mengacu pada “perangkat lunak” yaitu menekankan pentingnya bantuan kepada pengajaran. Terutama sekali dalam kurikulum, dalam pengembangan instruksional,  metodologi pengajaran, dan evaluasi.  Jadi teknologi dua, menyediakan keperluan bagaimana merancang yang baru atau memperbarui yang sekarang, bermanfaat pada pengalaman belajar Mesin dan mekanisme dipandang sebagai instrumen presentasi atau transmisi.
·      Teknologi pendidikan tiga
Teknologi pendidikan tiga, yaitu kombinasi pendekatara dua teknologi yaitu “peragkat keras” dan “perangkat lunak. Teknologi pendidikan tiga, orientasi utamanya yaitu ke arah pendekatan sistem, dan sebagai alat meningkatkan manfaat dari apa yang ada di sekitar.
Teknologi pendidikan tiga dapat dikatakan sebagai pendekatan pemecahan masalah, titik beratnya dalam orientasi diagnostik yang menarik. Dari ketiga macam tekonologi di atas dapat dikatakan bahwa teknologi pendidikan dalam konteks sebenarnya adalah tidak hanya mengacu pada perangkat keras saja seperti yang umum dijadikan sebagai persepsi yang benar, namum juga meliputi perangkat lunak dan perpaduan keduanya perangkat kerasdan lunak.

C.      Manfaat Teknologi pendidikan dan kekurangannya
1.    Manfaat teknologi pendidikan
Ø Teknologi Pendidikan sebagai peralatan untuk mendukung konstruksi pengetahuan:
-       Untuk mewakili gagasan pelajar pemahaman dan kepercayaan
-       Untuk organisir produksi, multi media sebagai dasar pengetahuan pelajar
Ø Teknologi pendidikan sebagai sarana informasi untuk menyelidiki pengetahuan yang mendukung pelajar :
-       Untuk mengakses informasi yang diperlukan.
-       Untuk perbandingan perspektif, kepercayaan dan pandangan dunia.
Ø Teknologi pendidikan sebagai media sosial untukmendukung pelajaran dengan berbicara.
-       Untuk berkolaborasi dengan orang lain.
-       Untuk mendiskusikan, berpendapat dan membangun konsensus antara anggota sosial.
Ø Teknologi pendidikan sebagai mitra intelektual 
-       untuk mendukung pelajar
-       Untuk membantu pelajar mengartikulasikan dan memprentasikan apa yang mereka ketahui.
Ø Teknologi pendidikan dapat meningkatkan mutu pendidikan/sekolah.
Ø Tekonologi pendidikan dapat meningkatkan efektifitas dan efisiensi proses belajar mengajar.
Ø Teknologi pendidikan dapat mempermudah mencapai tujuan pendidikan.
2.    Kekurangannya
Ø Pihak guru yang tidak bisa mengoperasikan/menguasai elektronika akan tertinggalkan oleh siswa.
Ø Teknologi pendidikan memerlukan SDM yang berkualitas untuk bias mempercepat inovasi sekolah, sedangkan realita masih kurang.
Ø  Teknologi pendidikan baik itu hardware maupun soffware membutuhkan biaya yang mahal.
Ø Keterbatasan sarana prasarana sekolah akan menghambat inovasi pendidikan.
Ø Penggunaan teknologi pendidikan dalam bentuk Hardware
Ø  memerlukan control yang tinggi dari guru atau orang tuaterutama internet dan software.
Ø Siswa yang tidak mempunyai motivasi yang tinggi cenderung gagal.

D.      Pengembangan Teknologi Pengajaran dengan Innovative School
Inovasi pendidikan merupakan hal yang perlu dilakukan oleh tiap sekolah jika sekolah ingin maju. Perubahan sekolah bukan hanya dilihat dengan adanya seperangkat alat elektronika yang canggih di sekolah, namun banyak aspek yang menjadi indikator. Innovative School artinya perubahan sekolah atau perubahan pendidikan. Ciri-ciri inovasi pendidikan dapat dikenal dengan beberapa identifikasi, namun menurut Ashby 1967 ada empat :
v  Ketika masyarakat /orang tua mulai sibuk dengan peran keluar sehingga tugas pendidikan anak sebagian digeser dari orang tua pindah ke guru atau dari rumah ke sekolah.
v   Terjadi adopsi kata yang ditulis ke instruksi lisan Adanya penemuan alat untuk keperluan percetakan yang mengakibatkan ketersediaan buku lebih luas.
v   Adanya alat elektronika yang bermacam-macam radio, telepon, TV,computer, LCD proyektor, perekan internet, LAN, dsb ). Keempat perubahan di atas di dunia pendididkan telah menimbulkan banyak masalah, dan untuk itulah kelima teknologi yang dibahas pada pointsebelumnya sangat membantu untuk solusi pemecahan. Perubahan pendidikan/sekolah yang dinginkan sekolah sesuai visi dan misinya tentunya sangat tergantung pada lima teknologi tersebut yaitusistem berfikir, system desain, ilmu pengetahuan yang berkualitas,manajemen. Sekarang sekolah negeri maupun swasta mulai berusaha keras untuk mengatur kembali sistem pendidikan mereka. Banyak program sekolah yang ditawarkan pada masyarakat baik itu jurusan maupun status sekolah yaitu SSN, unggul, model, internasional, akselerasi dan sarana prasarananya. Yang jelas perubahan sekolah untuk menghadapi dunia global harus disiapkan dari unsur SDM yang berkualitas sehingga mampu berfikir membuat desain pendidikan, punya kiat manajemen yang baik dan tidak gagap terhadap pendidikan.  Jadi dapat dikatakan bahwa antara inovasi pendidikan dengan teknologi pendidikan merupakan satu kesatuan yang tidak dapat dipisahkan. Inovasi merupakan okbyek dan teknologi pendidikan merupakan subjeknya. Dalam inovasi pendidikan butuh SDM dan peralatan yang menunjang inovasi pendidikan, sebaliknya SDM dan alat tidak akan berfungsi tanpa digunakan untuk sasaran/tujuan yang pasti dan bermanfaat dimasa datang.


B A B III
P E N U T U P

A.      Kesimpulan
Arti pembahasan yang telah diuraikan diatas dapat kita simpulkan bahwa:
1.    Teknologi pendidikan adalah proses yang komplek yang terpadu untuk menganalisis dan memecahkan masalah belajar manusia / pendidikan.
2.    Pengembangan Teknologi pengajaran sangat diperlukan dalam usaha menuju “Innovative School” atau perubahan sekolah karena dalam teknologi pendidikan tidak hanya unsur elektronik saja yang ada tapi SDM yang berkualitas atau mampu berpikir, mendesain sistem, dan punya ilmu pengetahuan untuk melakukan manajemen perubahan serta melakukan teknologi pembelajaran.
3.     “Innovative School” perlu dilaksanakan supaya sekolah mampu menjawab tantangan global dan tuntutan masyarakat.

B.       Saran
1.    Hendaknya sekolah mempersiapkan sarana prasarana untuk kebutuhan tekonologi pendidikan.
2.    Hendaknya sekolah menyiapkan SDM yang siap menerapkan teknologi pendidikan untuk perubahan sekolah (Innovative School ).
3.    Hendaknya pemerintah sering mengadakan pelatihan seperti Jardiknas atau Diklat Komputer.



DAFTAR PUSTAKA

Andi Afifuddin. 2007. Penggunaan  metode E - Learning Dalam Proses Belajar Mengajar di Sekolah pada Mata Pelajaran TIK  Tingkat SMP. Majalengka, Jawa Barat.
Davil H. Jonassen. Tekonologi Pembelajaran dengan suatu pendekatan Perspektif (Construktif). Nw Jersey, Columbus ohio; Pennsylvonia state University.
Ivor K. Davis. 1976. Teknologi Pendidikan “contoh yang sempurna Paradigma dan model”. London.
Prof. Nyoman S. Degeng. 2004. Pembelajaran konstruktivistik Vs Behaviouristik. Malang : Universitas Negeri Malang
Prof. Sutomo & Sugito M.Pd. 2005. Kapita Selekta & Problematika Teknologi pendidikan. Surabaya UNIPA.
Sandra Wills and Shitley Alexander. Pengantar Manajemen Teknologi Belajar dan Mengajar.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

tolong tinggalkan komentar.. okey!!!