Tak keliru jika
dikatakan bahwa Bulan Ramadhan adalah bulannya Al-Quran, ya karena di dalam
bulan inilah Al-Quran diwahyukan pertama kali kepada Rasulullah, Nabi Muhammad SAW.
Nah, tak salah
juga jika dalam Bulannya Al-Quran ini, saya coba hidangkan khusus untuk Anda
semua tentang biografi singkat mahaguru kami, seorang Maestro Al-Quran, Ulama
Besar yang menebar semerbak harum Al-Quran di manapun ia berada, terutama di
Tanah Jawa, dan menelurkan ribuan Ulama Ahli Quran serta Huffadz Al-Quran
yang tersebar di penjuru Nusantara.
Biografi ini
saya sadur sedikit saja dari Buku “MANAQIBUS SYAIKH: K. H. M. MOENAUWIR
ALMARHUM: PENDIRI PESANTREN KRAPYAK YOGYAKARTA” yang diterbitkan oleh
MAJLIS AHLEIN (Keluarga Besar Bani Munawwir) Pesantren Krapyak, keluaran tahun 1975.
Jadi jika Anda ingin meng-COPY-PASTE biografi beliau ini, mohon SERTAKAN PULA
SUMBERNYA, yakni buku tersebut.
Dalam hal ini,
mari kita akan mengenal sedikit tentang beliau dengan menelaah;
1.
NASAB
2.
MASA
BELAJAR
3.
AKHLAQ
4.
DA’WAH
5.
KAROMAH
6.
MAQOLAH,
serta
7.
WAFAT
DAN PENERUS beliau.
Semoga dengan
dikenangnya Seorang Shalih lewat dunia maya ini, Allah Ta’ala berkenan
melimpahkan Rahmatnya kepada kita semua, aamiin. Selamat menikmati;
A.
NASAB K.H.M. MOENAUWIR
Simbah K.H.M. Moenauwir adalah putra K.H. Abdoellah Rosjad bin K.H.
Hasan Bashori. Dahulu, ada seorang ulama pejuang, K.H. Hasan Bashori namanya,
atau yang lebih dikenal dengan nama Kyai Hasan Besari ajudan Pangeran
Diponegoro. Beliau sangat ingin menghapalkan Kitab Suci Al-Quran namun terasa
berat setelah mencobanya berkali-kali. Akhirnya beliau melakukan riyadhoh dan
bermujahadah, hingga suatu saat Allah SWT. mengilhamkan bahwa apa yang
dicita-citakan itu baru akan dikaruniakan kepada keturunannya.
Begitu pula anak beliau, K.H. Abdoellah Rosjad, selama 9 tahun
riyadhoh menghapalkan Al-Quran, ketika berada di Tanah Suci Makkah, beliau
mendapat ilham bahwa yang akan dianugerahi hapal Al-Quran adalah anak-cucunya.
K.H. Abdoellah Rosjad dikaruniai 11 orang anak dari 4 orang istri,
salah satunya adalah K. H. M. Moenauwir yang merupakan buah pernikahan beliau
dengan Nyai Khodijah (Bantul).
B.
MASA BELAJAR
Guru pertama beliau adalah Ayah beliau sendiri. Sebagai Targhib
(penyemangat) nderes Al-Quran, Sang Ayah memberikan hadiah sebesar Rp 2,50 jika
dalam tempo satu minggu dapat mengkhatamkannya sekali. Ternyata hal ini
terlaksana dengan baik, bahkan terus berlangsung sekalipun hadiah tak diberikan
lagi.
K.H.M. Moenauwir tidak hanya belajar Qiro’at (Bacaan) dan Menghafal
Al-Quran saja, tetapi juga ilmu-ilmu lain yang beliau timba dari Ulama-ulama di
masa itu, di antaranya;
1.
K.H.
Abdullah (Kanggotan – Bantul)
2.
K.H.
Cholil (Bangkalan – Madura)
3.
K.H.
Sholih (Darat – Semarang)
4.
K.H.
Abdurrahman (Watucongol – Magelang)
Setelah itu, pada tahun 1888 M. beliau melanjutkan pengajian
Al-Quran serta pengembaraan menimba ilmu ke Haramain (Dua Tanah Suci), baik di
Makkah Al-Mukarromah maupun di Madinah Al-Munawwaroh. Adapun Guru-guru beliau
antara lain;
1.
Syaikh
Abdullah Sanqoro
2.
Syaikh
Syarbini
3.
Syaikh
Mukri
4.
Syaikh
Ibrohim Huzaimi
5.
Syaikh
Manshur
6.
Syaikh
Abdus Syakur
7.
Syaikh
Mushthofa
8.
Syaikh
YUSUF HAJAR (Guru beliau dalam Qiro’ah Sab’ah)
Pernah dalam suatu perjalanan dari Makkah ke Madinah, tepatnya di
Rabigh, beliau berjumpa dengan seorang tua yang tidak beliau kenal. Pak Tua
mengajak berjabat tangan, lantas beliau minta didoakan agar menjadi seorang
Hafidz Al-Quran sejati. Lalu Pak Tua menjawab “Insyaa-Allah.” Menurut K.H.
Arwani Amin (Kudus), orang tua itu adalah Nabiyullah Khidhr a.s.
K.H.M. Moenauwir ahli dalam Qiro’ah Sab’ah (7 bacaan Al-Quran). Dan
salah satunya adalah Qiro’ah IMAM ‘ASHIM riwayat IMAM HAFSH, berikut inilah
SANAD Qiro’ah Imam ‘Ashim riwayat Hafsh K.H.M. Moenawwir sampai kepada Nabi
Muhammad saw., yakni dari;
1.
Syaikh
Abdulkarim bin Umar Al-Badri Ad-Dimyathi, dari
2.
Syaikh
Isma’il, dari
3.
Syaikh
Ahmad Ar-Rosyidi, dari
4.
Syaikh
Mushthofa bin Abdurrahman Al-Azmiri, dari
5.
Syaikh
Hijaziy, dari
6.
Syaikh
Ali bin Sulaiman Al-Manshuriy, dari
7.
Syaikh
Sulthon Al-Muzahiy, dari
8.
Syaikh
Saifuddin bin ‘Athoillah Al-Fadholiy, dari
9.
Syaikh
Tahazah Al-Yamani, dari
10.
Syaikh
Namruddin At-Thoblawiy, dari
11.
Syaikh
Zakariyya Al-Anshori, dari
12.
Syaikh
Ahmad Al-Asyuthi, dari
13.
Syaikh
Muhammad Ibnul Jazariy, dari
14.
Al-Imam
Abi Abdillah Muhammad bin Kholiq Al-Mishri As-Syafi’i, dari
15.
Al-Imam
Abi al-Hasan bin As-Syuja’ bin Salim bin Ali bin Musa Al-‘Abbasi Al-Mishri,
dari
16.
Al-Imam
Abi Qosim As-Syathibi, dari
17.
Al-Imam
Abi al-Hasan bin Huzail, dari
18.
Ibnu
Dawud Sulaiman bin Najjah, dari
19.
Al-Hafidz
Abi ‘Amr Ad-Daniy, dari
20.
Abi
al-Hasan At-Thohir, dari
21.
Syaikh
Abi al-‘Abbas Al-Asynawiy, dari
22.
‘Ubaid
ibnu as-Shobbagh, dari
23.
Al-Imam
Hafsh, dari
24.
Al-Imam
‘Ashim, dari
25.
Abdurrahman
As-Salma, dari
26.
Saadaatina
Utsman bin ‘Affan, ‘Ubay bin Ka’ab, Zaid bin Tsabit, ‘Ali bin Abi Tholib, dari
27.
Rasulullah,
Muhammad saw. dari Robbil ‘Aalamiin Allah swt., dengan perantaraan Malaikat
Jibril a.s.
Beliau menekuni Al-Quran dengan Riyadhoh, yakni sekali khatam dalam
7 hari 7 malam selama 3 tahun, lalu sekali khatam dalam 3 hari 3 malam selama 3
tahun, lalu sekali khatam dalam sehari semalam selama 3 tahun, dan terakhir
adalah Riyadhoh membaca Al-Quran selama 40 hari tanpa henti hingga mulut beliau
berdarah karenanya. Setelah 21 tahun menimba ilmu di Tanah Suci, beliau pun
kembali ke kediaman beliau di Kauman, Yogyakarta, pada tahun 1909 M.
C.
AKHLAQ
K.H.M. Moenauwir selalu memilih awal waktu untuk menunaikan Sholat,
lengkap dengan Sholat Sunnah Rawatibnya. Sholat Witir beliau tunaikan 11
Raka’at dengan hafalan Al-Quran sebagai bacaannya. Begitu juga dalam mudawamah
beliau terhadap Sholat Isyroq (setelah terbit Matahari), Sholat Dhuha dan
Sholat Tahajjud.
Beliau mewiridkan Al-Quran tiap ba’da Ashar dan ba’da Shubuh. Walau
sudah hapal, seringkali beliau tetap menggunakan Mushaf. Bahkan kemana pun
beliau bepergian, baik berjalan kaki maupun berkendara, wirid Al-Quran tetap
terjaga. Beliau mengkhatamkan Al-Quran sekali tiap satu minggu, yakni pada hari
Kamis Sore. Demikianlah beliau mewiridkan Al-Quran semenjak berusia 15 tahun.
Waktu siang beliau lewatkan dengan mengajarkan Al-Quran, dan di
waktu senggang beliau masuk ke dalam kamar khusus (dahulu terletak di sebelah
utara masjid) untuk bertawajjuh kepad Allah swt. Sedangkan di malam hari beliau
istirahat secara bergilir di antara istri-istri dengan demikian adilnya.
Beliau memiliki 5 orang istri, adapun istri kelima, dinikahi
setelah wafatnya istri pertama, yakni;
1.
Nyai
R.A. Mursyidah (Kraton Yogyakarta)
2.
Nyai
Hj. Sukis (Wates Yogyakarta)
3.
Nyai
Salimah (Wonokromo Yogyakarta)
4.
Nyai
Rumiyah (Jombang – Jawa Timur)
5.
Nyai
Khodijah (Kanggotan – Yogyakarta)
Begitulah K.H.M. Moenauwir hidup beserta keluarga di tengah
ketenangan, kerukunan, istiqomah dan wibawa, dengan berkah Al-Quranul Kariim.
Orang hafal Al-Quran (Hafidz) yang beliau akui adalah orang yang
bertakwa kepada Allah, dan Sholat Tarawih dengan hafalan Al-Quran sebagai
bacaannya.
Begitu besar pengagungan beliau terhadap Al-Quran, sampai-sampai
undangan Haflah Khotmil Quran hanya beliau sampaikan kepada mereka yang jika
memegang Mushaf Al-Quran selalu dalam keadaan suci dari Hadats.
Pernah terjadi seorang santri asal Kotagede dengan sengaja memegang
Mushaf Al-Quran dalam keadaan hadats. Setelah diusut oleh K.H.M. Moenauwir,
akhirnya santri tersebut mengakuinya. Atas pengakuannya, si santri dita’zir,
kemudian dikeluarkan dari Pesantren dalam keadaan sudah menghapalkan Al-Quran
23,5 juz.
Setiap setengah bulan sekali, beliau memotong rambut, juga tak
pernah diketahui membuka tutup kepala, selalu tertutup, baik itu dengan kopyah,
sorban, maupun keduanya. Menggunting kuku selalu beliau lakukan tiap hari
Jum’at.
Pakaian beliau sederhana namun sempurna untuk melakukan ibadah,
rapi dan bersetrika. Jubah, sarung, sorban, kopyah dan tasbih selalu tersedia.
Pakaian dinas Kraton Yogyakarta selalu beliau kenakan ketika menghadiri
acara-acara resmi Kraton. Untuk bepergian, beliau sering mengenakan baju jas
hitam, sorban, dan sarung.
Beliau tidak suka makan sampai kenyang, terlebih lagi di bulan
Ramadhan, yakni cukup dengan satu cawan nasi ketan untuk sekali makan. Jika ada
pemberian bantuan dari orang, beliau pergunakan sesuai dengan tujuan
pemberinya, jika ada kelebihan, maka akan dikembalikan lagi kepada pemberinya.
Walau beliau termasuk dalam abdi dalem (anggota dalam) Kraton,
namun beliau tidak suka mendengarkan pementasan Gong Barzanji. Sebagai hiburan,
beliau senang sekali mendengarkan lantunan Sholawat-sholawat, Burdah dan
tentunya Tilawatil Quran.
Para santri beliau perintahkan untuk berziarah di Pemakaman
Dongkelan tiap Kamis Sore. Tiap berziarah, beliau membaca Surah Yasin dan
Tahlil. Apabila terjadi suatu peristiwa yang menyangkut ummat pada umumnya,
beliau mengumpulkan semua santri untuk bersama-sama tawajjuh dan memanjatkan
do’a kehadirat Allah, biasanya dengan membaca Sholawat Nariyyah 4444 kali atau
Surat Yasin 41 kali.
Selain mengasuh santri, beliau tak lantas meninggalkan tugas
sebagai kepala rumah tangga. Tiap ba’da Shubuh, beliau mengajar Al-Quran kepada
segenap keluarga dan pembantu rumah tangga. Nafkah dari beliau, baik untuk
istri-istri maupun anak-anak, selalu cukup menurut kebutuhan masing-masing.
Suasana keluarga senantiasa tenang, tenteram, rukun, dan tidak sembarang orang
keluar-masuk rumah selain atas ijin dan perkenan dari beliau.
Hampir-hampir beliau tak pernah marah kepada santrinya, selain
dalam hal yang mengharuskannya. Pernah suatu waktu beliau tiduran di muka kamar
santri, tiba-tiba bantal yang beliau pakai diambil secara tiba-tiba oleh
seorang santri, sampai terdengar suara kepala beliau mengenai lantai. Lantas
beliau memanggil santri yang mengambil bantal tadi seraya berkata; “Nak... saya
pinjam bantalmu, karena bantal yang saya pakai baru saja diambil oleh seorang
santri.”
Seringkali beliau memberikan sangu kepada santri yang mohon ijin
pulang ke kampung halamannya, dan sangat memperhatikan kehidupan santri-santrinya.
Para santri pun dianjurkan untuk bertamasya ke luar pesantren, biasanya sekali
tiap setengah bulan, sebagai pelepas penat.
Sebagai layaknya seorang Ulama, K.H.M. Moenauwir juga akrab dan
sering mendapat kunjungan dari Ulama-ulama lain, di antaranya;
1.
Murid-murid
Syaikh Yusuf Hajar dari Madinah
2.
K.H.
Sa’id (Gedongan – Cirebon)
3.
K.H.
Hasyim Asy’ari (Jombang)
4.
K.H.R.
Asnawi (Kudus)
5.
K.H.
Manshur (Popongan)
6.
K.H.
Siroj (Payaman – Magelang)
7.
K.H.
Dalhar (Watucongol – Magelang)
8.
K.H.
Ma’shum (Lasem)
9.
K.H.R.
Adnan (Solo)
10.
K.H.
Dimyati (Tremas – Pacitan)
11.
K.H.
Idris (Jamsaren – Solo)
12.
K.H.
Abbas (Buntet – Cirebon)
13.
K.H.
Siroj (Gedongan – Cirebon)
14.
K.H.
Harun (Kempek – Cirebon)
15.
K.H.
Muhammad (Tegalgubuk – Cirebon)
16.
Para
Kyai dari Jombang dan Pare
17.
Sri
Sultan Hamengku Buwono VIII dan IX
18.
B.R.T.
Suronegoro
19.
K.H.
Asy’ari (Wonosobo) yang merupakan teman semasa belajar di Tanah Suci.
Selain dikunjungi, beliau juga kerapkali mengadakan kunjungan
balasan terhadap Para Ulama yang lain, seperti kepada K.H. Hasyim Asy’ari
(Jombang), K.H. Ahmad Dahlan (Yogyakarta), maupun yang lainnya.
Beliau juga mendapat kepercayaan dari pihak Kraton untuk menjadi
anggota JEMANGAH, yakni jama’ah Sholat tetap yang terdiri dari 41 orang Ulama,
dimaksudkan sebagai penolak bencana Negara.
D.
DAKWAH
Sepulang dari Makkah pada tahun 1909 M., beliau lantas mendakwahkan
Al-Quran di sekitar kediaman beliau di Kauman. Tepatnya di sebuah langgar kecil
milik beliau, tempat tersebut sekarang sudah menjadi Gedung Nasyiatul
‘Aisyiyyah Yogyakarta.
Lantas pindah ke Gading, tinggal bersama kakak beliau, K.H.
Mudzakkir. Namun karena berbagai sebab, juga atas saran dari K.H. Sa’id
(Pengasuh Pesantren Gedongan, Cirebon), pada tahun 1910 M. beliau pun hijrah ke
Krapyak setelah selesainya pembangunan tempat tinggal dan komplek pesantren di
sana, di tanah milik Bapak Jopanggung yang kemudian dibeli dengan uang amal
dari Haji Ali.
Pada 15 November 1910, Pesantren Krapyak mulai ditempati untuk
mengajar Al-Quran. Dilanjutkan dengan pembangunan Masjid atas prakarsa K.H.
Abdul Jalil.
Konon, K.H. Abdul Jalil dalam memilih tempat untuk pembangunan
masjid, adalah dengan menggariskan tongkatnya di atas tanah sehingga membentuk
batas-batas wilayah yang akan dibangun masjid. Dengan Kehendak Allah, wilayah
yang dilingkupi garis itu tidak ditumbuhi rumput.
K.H.M. Moenauwir selalu mengerahkan segenap santri untuk melakukan
amaliyah membaca Surah Yasin tiap selesai pembangunan berlangsung. Pembangunan
terus berlanjut secara bertahap, mulai dari masjid, akses jalan, dan gedung
komplek santri hingga tahun 1930 M.
Di Pesantren Krapyak inilah beliau memulai berkonsentrasi dalam
pengajaran Al-Quran. Para santri sangat menghormati beliau, bukan karena takut,
melainkan karena Haibah, wibawa beliau.
Pengajian pokok yang diasuh langsung oleh K.H.M. Moenauwir adalah
Kitab Suci Al-Quran, yakni terbagi atas 2 bagian; BIN-NADZOR (membaca) dan
BIL-GHOIB (menghafal). Santri bermula dari Surat Al-Fatihah, lantas Lafadz
Tahiyyat sampai dengan Shalawat Aali Sayyidina Muhammad, kemudian Surat An-Nas
sampai Surat An-Naba’, baru kemudian Surat Al-Fatihah diteruskan ke Surat
Al-Baqoroh sampai khatam Surat An-Nas.
Selain itu, pengajian Kitab-kitab juga digelar sebagai penyempurna.
Suatu hari pada tahun 1910, seorang santri dari Purworejo, yang dianggap mampu
oleh beliau, diperintahkan; “Ajarkanlah ilmu Fiqh kepada santri-santri di hari
Jum’at, biarlah mereka mengenal air.”
Begitu seterusnya berkembang, baik kitab Fiqh maupun Tafsir, makin
menonjol disamping Pengajian Al-Quran yang utama. Beliau mengajar secara sistem
MUSYAFAHAH, yakni sorogan, tiap santri langsung membaca di hadapan beliau, jika
ada kesalahan beliau langsung membetulkannya.
Adab (Tata Krama) dalam pengajian Al-Quran sangat beliau tekankan
kepada para santri. Berbagai aturan dan ta’ziran beliau berlakukan terhadap
para santri. Untuk santri yang telah khatam, maka dipanjatkanlah doa untuknya
langsung oleh K.H.M. Moenauwir, lantas diberikanlah baginya sebuah Ijazah, yang
intinya berisi pengakuan Ilmu dari guru kepada muridnya serta Tarottubur-Ruwat
(Urutan Riwayat) atau Sanad dari Sang Guru sampai kepada Rasulullah saw. secara
lengkap.
Banyak di antara murid-murid beliau yang juga meneruskan perjuangan
di kampung masing-masing, berupa mendakwahkan Islam pada umumnya, dan
pengajaran Al-Quran pada khususnya. Misal;
1.
K.H.
Arwani Amin (Kudus)
2.
K.H.
Badawi (Kaliwungu – Semarang)
3.
Kyai
Zuhdi (Nganjuk – Kertosono)
4.
K.H.
Umar (Pesantren Al-Muayyad, Mangkuyudan – Solo)
5.
Kyai
Umar (Kempek – Cirebon)
6.
K.H.
Noor (Tegalarum – Kertosono)
7.
K.H.
Muntaha (Pesantren Al-Asy’ariyyah, Kalibeber – Wonosobo)
8.
K.H.
Murtadho (Buntet – Cirebon)
9.
Kyai
Ma’shum (Gedongan – Cirebon)
10.
K.H.
Abu Amar (Kroya)
11.
K.H.
Suhaimi (Pesantren Tamrinus Shibyan, Benda – Bumiayu)
12.
Kyai
Syathibi (Kyangkong – Kutoarjo)
13.
K.H.
Anshor (Pepedan – Bumiayu)
14.
K.H.
Hasbullah (Wonokromo – Yogyakarta)
15.
Kyai
Muhyiddin (Jejeran – Yogyakarta)
16.
Haji
Mahfudz (Purworejo)
Untuk para Mutakhorrijiin (Alumni), beliau senantiasa menjalin
hubungan dan bimbingan, bahkan berupa kunjungan ke tempat masing-masing.
E.
KAROMAH
1.
K.H.
Abdullah Anshor (Gerjen – Sleman) mengetahui beliau wafat, maka menangislah ia,
serta mengatakan tak kerasan lagi hidup di dunia tanpa beliau. Setelah pulang
ke rumah, K.H. Abdullah langsung menyusul pulang ke Rahmatullah.
2.
Kyai
Aqil Sirodj (Kempek - Cirebon) di kala masih berusia sekitar 8 tahun belum bisa
mengucap dengan jelas bunyi “R”. Namun setelah minum air bekas cucian tangan
beliau, langsung dapat membaca “R” dengan jelas.
3.
Kala
mengajar, biasanya beliau sambil tiduran, bahkan kadang benar-benar tertidur.
Namun bila ada santri yang keliru membaca, beliau langsung bangun dan
mengingatkannya.
4.
Saat
baru berusia 10 tahun, beliau berangkat mondok kepada K.H. Cholil di Bangkalan,
Madura. Sampai di sana, saat akan dikumandangkan iqomah, K.H. Cholil tidak
berkenan menjadi imam shalat seraya berkata; “Mestinya yang berhak menjadi imam
shalat adalah anak ini (yakni K.H.M. Moenauwir), walaupun ia masih kecil,
tetapi ahli qiro’ah.”
5.
Sewaktu
awal di tanah suci, beliau mengirimkan surat kepada ayahnya, menyatakan niat
untuk menghapalkan al-Quran. Namun ayah beliau belum memperkenankannya,
sehingga berniat mengirimkan surat balasan. Namun, belum sempat mengirimkan
surat balasan, sang Ayah sudah mendapat surat kedua dari putranya yang
menyatakan bahwa ia sudah terlanjur hapal. Dihapalkannya dalam waktu 70 hari
(keterangan lain menyatakan 40 hari).
6.
Dan
banyak lagi.
F.
MAQOLAH
1.
Sebuah
Hadits Riwayat Abi Hurairah bahwa Nabi Muhammad saw., bersabda; “Yaa Aba
Hurairah, pelajarilah Al-Quran dan ajarkanlah kepada orang lain. Tetaplah
engkau seperti itu hingga mati. Sesungguhnya jikalau kamu mati dalam keadaan
seperti itu, malaikat berhaji ke kuburmu sebagaimana kaum Mukminin berhaji ke
Baitullah al-Haram.”
2.
Sebuah
sya’ir; “Semua ilmu termuat di dalam Al-Quran – Hanya saja orang-orang tak
mampu memahami seluruh kandungannya.”
3.
“Jikalau
engkau bermaksud akan sesuatu, maka bacalah Surah Yasin.”
4.
“Kalau
mengaji Al-Quran, maka kajilah sampai khatam, supaya menjadi orang mulya.”
5.
“Waktu
luang yang tidak digunakan untuk nderes Al-Quran adalah kerugian yang besar.”
6.
“Setelah
seseorang hafal Al-Quran, maka haruslah ia TIDAK suka omong kosong dan TIDAK
menghabiskan waktunya hanya untuk bekerja mencari dunia.”
7.
“Wahai
putera dan menantuku yang mempunyai tanggungan al-Quran, apabila kalian belum
lancar benar, maka jangan sampai merangkap apapun, baik berdagang ataupun
lainnya.”
8.
“Orang
hafal Al-Quran berkewajiban memeliharanya, maka dari itu jangan melakukan
hal-hal -termasuk menuntut ilmu- yang tidak fardhu, sekiranya dapat menyebabkan
hafalannya hilang.”
9.
“Kalau
kamu tidak mengaji Qiro’ah Sab’ah kepadaku, maka mengajilah kepada Arwani Amin
Kudus.”
10. “Buah Al-Quran adalah kebahagiaan dunia dan akhirat.”
11. Beliau berkata kepada K.H. Basyir; “Marilah uzlah seperti saya,
guna mengajarkan al-Quran. Kalau kita memikirkan harta dunia, maka akan
binasalah Al-Quran nanti.”
12. Beliau berkata kepada putri beliau, Nyai Hindun; “Orang hafal
Al-Quran, mengamalkan isi kitab Majmu’ dan Mudzakarot, insyaAllah menjadi orang
shalihah.”
13. Beliau tidak mengijinkan santri-santrinya menjadi Pegawai Negeri
Pemerintah Penjajah pada waktu itu.
14. Beliau menyampaikan apa yang pernah diterima dari guru beliau, K.H.
Cholil Bangkalan; “Apabila hidayah tiba, permusuhan pun musnah. Jadilah engkau
bagaikan Air, dibutuhkan oleh siapa dan apa saja. Jika tidak begitu, maka
jadilah seperti Batu, tidak ada bahaya maupun manfaat (secara aktif
–red). Janganlah engkau laksana Kalajengking, siapa melihat maka ia pun
takut.”
15. “Seyogyanya engkau hadiahkan berkah Surah al-Fatihah kepada segenap
kaum Muslimin yang masih hidup, lebih-lebih diwaktu tertimpa marabahaya atau
berperangai buruk, barangkali dapat menjadi obatnya. Sebagaimana guru saya K.H.
Cholil pernah mengajarkan; (di nomor 16)
16. Beliau menyampaikan apa yang disampaikan guru beliau, K.H. Cholil;
“Teman-teman sekalian, jikalau engkau menghadiahkan berkah surat al-Fatihah
jangan hanya kepada Muslimin yang sudah meninggal saja, tetapi juga yang masih
hidup. Syukurlah jika kepadaku juga. Sebab Nabi Muhammad saw. pernah bersabda;
‘UDDA NAFSAKA MIN AHLIL QUBUUR (anggaplah dirimu termasuk ahli Qubur).”
17. “Apabila engkau memohon kepada Allah, maka mohonlah Kesejahteraan
(‘Aafiyah).”
18. “Kelak di akhir jaman, Shin akan menguasai seluruh daerah.”
19. Sebuah sya’ir; “Aku tak bisa mendapatkan kembali apa yang telah
meninggalkan diriku, baik dengan LAHFA (kalau), dengan LAYTA (seandainya),
ataupun dengan LAW-INNI (andaikan saya).”
20.
“Selama saya masih hidup, puteraku yang lelaki
selalu saya suruh memakai kopyah. Sedangkan yang perempuan segera saya carikan
jodoh, tak usah menunggu orang lain yang datang melamarnya.”
G.
WAFAT
DAN PENERUS BELIAU
Sebagaimana manusia pada umumnya, K.H.M. Moenauwir menderita sakit
selama 16 hari. Pada mulanya terasa ringan, namun lama-kelamaan semakin parah.
Tiga hari terakhir saat beliau sakit, beliau tidak tidur.
Selama sakit, selalu berkumandanglah bacaan Surah Yasin 41 kali
yang dilantunkan oleh rombongan-rombongan secara bergantian. Satu rombongan
selesai membaca, maka rombongan lain menyusulnya, demikian tak ada putusnya.
Akhirnya, beliau, K.H.M. Moenauwir wafat Ba’da Jum’at tanggal 11
Jumadil Akhir tahun 1942 M. di kediaman beliau di komplek Pondok Pesantren
Krapyak Yogyakarta. Di kala beliau menghembuskan nafas terakhir, ditunggui oleh
seorang putri beliau, Nyai Jamalah, yakni ketika rombongan pembaca Surah Yasin
belum hadir.
Sholat Jenazah dilaksanakan bergiliran lantaran banyaknya orang
yang bertakziyyah. Imam shalat jenazah kala itu adalah K.H. Manshur (Popongan –
Solo), K.H.R. Asnawi (Bendan – Kudus), dan besan beliau K.H. Ma’shum (Suditan -
Lasem).
Beliau tidak dimakamkan di kompleks Pesantren Krapyak, melainkan di
Pemakaman Dongkelan, yakni sekitar 2 km dari kompleks Pesantren. Dan sepanjang
jalan itulah, terlihat Kaum Muslimin dari berbagai golongan penuh sesak
mengiring dan bermaksud mengangkat jenazah beliau, sampai-sampai keranda
jenazah beliau cukup ‘dioperkan’ dari tangan ke tangan yang lain, sampai di
Pemakaman Dongkelan.
Jenazah K.H.M. Moenauwir dikebumikan di sana, dan selama lebih dari
seminggu pusara beliau selalu penuh dengan penziarah dari berbagai daerah untuk
membaca Al-Quran.
Beliau wafat meninggalkan Pesantren yang merupakan tonggak pemisah
suasana. Suasana sebelum dibangun pesantren, Krapyak dikenal sebagai tempat
rawan, penuh kegelapan, abangan dan sedikit yang menjalankan ajaran Islam.
Bersamaan dengan didirikannya Pesantren, banyak pula usaha busuk dari
golongan-golongan Klenik yang dengki dan selalu merintangi perintisan Pesantren.
Namun upaya-upaya itu musnah, dan suasana gelap beralih menjadi
ramai dan meriah dengan alunan Ayat-ayat Suci Al-Quran dengan segala
konsekuensinya.
Almarhum K.H.M. Moenauwir berwasiyat, agar keluarga melanjutkan
perjuangan Pesantren, tepatnya kepada 2 orang putra dan 4 orang menantu. Akan
tetapi karena beberapa udzur, perjuangan Pesantren dikawal secara langsung oleh
3 tokoh yang dikenal sebagai Tiga Serangkai;
(1)
K.H.R.
Abdullah Affandi (putra beliau dari Nyai R.A. Mursyidah asal Kraton
Yogyakarta). Di samping menangani pengajian Al-Quran, beliau juga mengurusi
hubungan Pesantren dengan dunia luar. Beliau wafat pada 1 Januari 1968.
(2)
K.H.R.
Abdul Qodir (putra beliau dari Nyai R.A. Mursyidah asal Kraton Yogyakarta).
Pada tahun 1953, para santri penghafal al-Quran dikelompokkan menjadi satu
dalam sebuah wadah, yakni Madrasatul Huffadz yang disponsori oleh K.H.R. Abdul
Qodir, dibantu K.H. Mufid Mas’ud (menantu K.H.M. Moenauwir), Kyai Nawawi
(menantu K.H.M. Moenauwir) dan Hasyim Yusuf dari Nganjuk. Ada 2 sistem yang
ditempuh di Madrasatul Huffadz;
Pertama, adalah Sistem Perseorangan, yakni Kyai menurut kepada
santri untuk menghafalkan suatu ayat, surat maupun juz.
Kedua, adalah Sistem Jama’ah Mudarosah, yakni seorang santri
disuruh menghafal suatu ayat, surat atau juz, kemudian membacanya lantas
berhenti dan dilanjutkan oleh santri yang lain, demikian sampai khatam 30 juz.
Untuk mentash-hih kembali hafalan santri-santri yang sudah khatam,
maka diharuskan melakukan ‘Ardloh secara Musyafahah sampai tiga kali khatam.
Untuk menguji kelancaran hafalan, adalah dengan dibacanya suatu ayat oleh Kyai
dan santri disuruh melanjutkannya. Begitu pula ditanyakan kepada santri tentang
letak ayat tersebut dalam surat apa, halaman berapa, bagian mana, lembar kiri
atau kanan, ayat nomor berapa, sampai surat baru masih berapa ayat lagi.
Seperti itulah seluk beluk menghafalkan Al-Quran di Madrasatul
Huffadz saat itu. Setelah hafal seluruh Al-Quran, maka selama 41 hari
dilanjutkan Mudarosah (nderes) dengan mengkhatamkan 41 kali juga.
K.H.R. Abdul Qodir wafat pada 2 Februari 1961
(3)
K.H.
‘Ali Ma’shum (menantu beliau asal Lasem, suami dari Nyai Hj. Hasyimah). Beliau
sudah turut mengasuh Pesantren sejak 1943, beliau adalah perintis dan pengasuh
pengajian Kitab-kitab selepas K.H.M. Moenauwir wafat, yakni sejak kepulangan
beliau dari Tanah Suci dalam rangka menimba ilmu. Dalam penyelenggarannya,
beliau menerapkan beberapa sistem, yakni Sistem Madrasi (Klasik) dan Sistem
Kuliyah, yang masing-masing dilengkapi dengan Pengajian Sorogan (individual).
Adapun Pengajian Sorogan ini, beliau berlakukan dengan model
Semi-Otodidak, yakni dengan ditentukannya suatu kitab oleh K.H. ‘Ali Ma’shum
untuk dikaji seorang santri. Tiap sore hari, santri tersebut harus menghadap
beliau untuk membaca kitab. Dalam hal ini, santri harus berusaha mempelajarinya
sendiri, baik dalam cara membaca maupun menela’ah maknanya, baik dengan
bertanya maupun berdiskusi dengan rekan dan kitab yang sudah ada maknanya.
Sedangkan K.H. ‘Ali Ma’shum cukup menyimak bacaan santri sambil
mengajukan beberapa pertanyaan, dan membenarkan jika ada kesalahan membaca
maupun memahami isinya. Dengan sistem ini, beliau maupun santri telah banyak menghemat
waktu serta membuahkan hasil yang memuaskan lagi cermat.
K.H. ‘Ali Ma’shum wafat pada 1989.
Demikianlah estafet kepemimpinan Pesantren terus bergulir, semakin
berkembang seiring bertambahnya usia, baik dalam metode maupun corak Pesantren,
namun tak lepas dari sentuhan khas salafiyahnya.
Dan tentunya, tetap berkonsentrasi pada misi awal yang dirintis
Sang Muassis (Pendiri), yakni membumikan Al-Quran, memasyarakatkan Al-Quran dan
meng-al-Quran-kan masyarakat.
Tahun depan, yakni tahun 2011, tepatnya 11 Jumadil Akhiroh 1432 H.,
insyaAllah akan digelar hajatan besar, berupa Gelaran Satu Abad Pondok
Pesantren Krapyak Yogyakarta, sekaligus memperingati Haul al-Marhum
al-Maghfurlah Syaikhuna K.H.M. Moenauwir Sang Maestro Al-Quran Nusantara.
Rabu, 15
Ramadhan 1431 / 25 Agustus 2010
Krapyak,
Yogyakarta
Masjid
Al-Munawwir Lama Pondok Pesantren Krapyak sebelum direnovasi, kini sudah
direhab akibat gempa bumi.
Biografi Ini disadur dari Buku “MANAQIBUS
SYAIKH: K.H.M. MOENAUWIR ALMARHUM : PENDIRI PESANTREN KRAPYAK YOGYAKARTA”
yang diterbitkan oleh MAJLIS AHLEIN (Keluarga Besar Bani Munawwir)
Pesantren Krapyak, keluaran tahun 1975.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
tolong tinggalkan komentar.. okey!!!